- Butuh keberanian dari pembalap untuk menikung, sebab Sirkuit Mandalika menawarkan empat atau lima entry tikungan yang amat cepat.
- Terdapat banyak tikungan yang memaksa pembalap untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar. Termasuk juga memaksa pembalap untuk menggeber motor dengan keras dalam sudut kemiringan yang besar.
Hal ini tentu dapat menghasilkan drift-drift keren dan mungkin mengakibatkan beberapa tabrakan front-end.
- Sirkuit Mandalika memiliki run-off area dan grave luas sehingga memungkinkan balapan berjalan dengan aman.
- Di Sirkuit Mandalika terdapat beberapa perubahan arah yang cepat namun fantastis. Hal ini seperti di Monza atau Hockenheim lama. Tim harus bekerja pada motor sehingga mampu menguasai tantangan di bagian-bagian tersebut.
- Dengan tikungan 6 sirkuit seperti di Misano, lalu dari Turn 6 hingga 10 seperti Ascari di Monza atau Chicanes di Hockhenheim.
Sementara dari tikungan 10 hingga 14 seperti di Sirkuit Sepang, sedangkan di bagian akhir mirip dengan trek Sirkuit termas de Rio Hondo Argentina.
Itulah enam kelebihan Sirkuit Mandalika yang diungkapkan oleh MotoGP saat hari pertama tes pramusim MotoGP 2022. (GaluhID/Dianti Rahayu)
- Advertisement -