Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

Inovasi Koperasi di Ciamis Harus Ditingkatkan

Berita Ciamis, galuh.id – Inovasi Koperasi di Ciamis harus ditingkatkan pada era globalisasi seperti sekarang ini, seperti yang disampaikan Bupati Ciamis, Sabtu (8/8/2020).

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M mengingatikan hal tersebut, sehingga koperasi dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Terlebih pada era globalisasi saat ini aplikasi berbasis digital industry, sehingga mau tidak mau menurut Herdiat, koperasi harus berinovasi.

Inovasi Koperasi di Ciamis

Herdiat menambahkan inovasi tersebut berupa pelayanan dan aktivitas, salah satunya dengan layanan digital sehingga koperasi tetap dapat bersaing.

“Jangan kalah dengan perusahaan lainnya, potensi koperasi yang memiliki berbagai usaha dari anggotanya harus dioptimalkan,” jelas Herdiat.

Herdiat menyampaikan hal tersebut di Aula Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Ciamis saat lounchig Plaza Dekopinda.

Herdiat mengingatkan pengurus koperasi beserta anggota harus memiliki inovasi untuk merambah wilayah lainnya, seperti pelayanan, perdagangan dan perindustrian.

Masa Pandemi Covid-19 Kegiatan Ekonomi Harus Berjalan

Selain itu Herdiat menyampaikan meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 kegiatan ekonomi harus terus berjalan dengan melakukan inovasi koperasi.

“Meskipun saat ini masih dalam masa keprihatinan Covid-19, kegiatan ekonomi harus berjalan dengan melakukan inovasi dengan memperhatikan protocol kesehatan,” jelasnya.

Bahkan menurut Herdiat, koperasi merupakan salah satu badan usaha sebelum Indonesia merdeka, tetapi dibentuk dan diundangkan setelah Indonesia merdeka.

“Koperasi ini ada dan menjadi badan usaha sebelum Indonesia merdeka, meskipun dibentuk dan diundangkan setelah merdeka,” jelas Herdiat.

Untuk generasi milenial, Herdiat mengajak agar ikut serta mengembangkan potensi koperasi agar lebih baik dan terasa manfaatnya.

“Generasi milenial harus dikenalkan dengan koperasi, karena manfaatnya sangat terasa untuk pengurus dan juga untuk anggotanya,” jelasnya.

Koperasi tambah Herdiat, harus adaptif dengan perkembangan jaman, dan harus dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Bukan hanya bersaing dengan perusahaan kecil, tapi juga koperasi harus dapat bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

Namun herdiat mengingatkan dalam pelaksanaannya, koperasi harus menumbuhkan kepercayaan pada anggotnya, karena terdapat beberapa koperasi yang kolep.

“Selain inovasi koperasi, kepercayaan anggota harus diperhatikan, karena di Ciamis terdapat beberapa koperasi yang kolep karena kepercayaan tersebut,” pungkas Herdiat. (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan