oleh

Insentif Kartu Prakerja Belum Cair? Coba Cek Ini Dulu!

Hubungi
 
 

Berita Nasional, galuh.id – Keluhan insentif kartu prakerja belum cair dilontarkan oleh peserta gelombang satu.

Pada Rabu (29/4/2020) lalu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengatakan proses pencairan insentif memakan waktu lima hari.

Namun hingga kini, halaman instagram @prakerja.go.id dibanjiri komentar dari peserta yang mengaku belum menerima insentif.

Sebagai informasi, pemerintah menyiapkan dana Rp 3,55 juta untuk setiap peserta pelatihan prakerja. Rinciannya Rp 1 juta untuk membiayai pelatihan, ini tidak dapat dicairkan.

Kemudian Rp 2,55 juta dibayarkan Rp 600.000 selama empat bulan ke depan. Sisanya Rp 150.000 dibayarkan untuk survey. Akan tetapi, masih ada yang mengeluh lantaran insentifnya belum cair.

Alasan Insentif Kartu Prakerja Belum Cair

Ada beberapa kemungkinan kenapa insentif belum cair. Berikut penjelasannya:

Sertifikat Belum Muncul pada Dashboard Prakerja

Peserta yang telah menyelesaikan program pelatihan prakerja harus mendapatkan sertifikat terlebih dulu sebelum mendapatkan insentif. Apabila sertifikat belum muncul di dashboard, maka pencairan insentif tidak bisa diproses.

Penyebab sertifikat belum muncul bisa disebabkan oleh sistem platform sertifikat dan sistem prakerja yang butuh waktu lama untuk saling menghubungkan database.

Pada kasus lain, sertifikat sudah bisa diunduh oleh peserta namun pada dashboard prakerja masih tercantum belum ada sertifikat.

Berhubung dashboard prakerja selalu diakses oleh ribuan peserta, kepenuhan pengunjung bisa menyebabkan sinkronisasi menjadi lambat.

Perlu diingat, setiap kali Anda mengakses dashboard prakerja, perangkat membutuhkan load data yang besar. Ini salah satu yang menyebabkan insentif kartu prakerja belum cair.

Sistem Tidak Bisa Transfer Insentif Secara Serentak

Pada halaman dashboard prakerja, terdapat pemberitahuan bahwa peserta harus menunggu 7 kali 24 jam atau hubungi Customer Service (CS).

Proses pencairan ini dihitung dari tanggal insentif keluar di dashboard. Dilansir dari akun Youtube Nita’s TV, email yang dikirim ke CS seringkali tidak dibalas sehingga peserta harus menghubungi CS via telpon.

Sedangkan menurut pemilik akun Youtube Yec co id, insentif telah berhasil diterima setelah menunggu selama dua minggu.

Metode pembayaran yang digunakan adalah melalui rekening BNI. Adapun BNI Syariah juga bisa digunakan, dengan syarat nama pemilik rekening harus sama dengan nama peserta prakerja.

Untuk peserta yang tidak memiliki rekening BNI, pencairan insentif bisa menggunakan e-wallet OVO dan Gopay. Pembayaran e-wallet memerlukan jeda waktu tambahan 1 kali 24 jam.

Pastikan sudahmelakukan upgrade dari OVO Club ke Premier. Tujuannya supaya insentif dari OVO bisa kita pindahkan ke rekening bank lalu ditarik berbentuk uang tunai.

Pencairan insentif kartu prakerja memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, karena setiap insentif yang diproses memerlukan antrean panjang.

Hal ini disebabkan oleh ketidaktersediaan sistem yang dapat mentransfer dana secara serentak (real time), sehingga masih ada insentif kartu prakerja belum cair.

Tips Mengatasi Insentif Kartu Prakerja yang Belum Cair

Hubungi platform pelatihan agar sertifikat secepatnya di-update pada dashboard prakerja. Sebagai contoh, jika Anda mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Tokopedia, maka hubungi penyelenggara itu untuk menanyakan kapan sertifikat bisa segera di-update.

Anda juga bisa mengirim email ke [email protected] Adakalanya CS kewalahan menanggapi peserta-peserta lain sehingga tidak membalas
email. Anda bisa menghubungi CS via telepon 021 25541246 dengan menyebutkan nomor antrian insentif.

Pastikan metode pembayaran sudah diisi dengan benar. Untuk rekening BNI dan BNI Syariah, nama pemilik rekening harus sama dengan nama peserta.

Sedangkan untuk akun OVO dan e-wallet lainnya, nomor hp yang digunakan aplikasi harus sama dengan nomor hp yang terdaftar di dashboard prakerja.

Jika insentif kartu prakerja belum cair juga, maka cek dashboard prakerja secara berkala. Walaupun proses pencairan butuh waktu lebih lama, namun insentif pasti akan masuk jika semua tata cara sudah diikuti dengan benar. (GaluhID/Elsa)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA