Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Jadwal pendaftaran Prakerja Gelombang 12: Tidak Jadi Bulan Desember, Mundur Hingga Tahun 2021

Jadwal pendaftaran Prakerja gelombang 12 belum pemerintah beritahukan kepada publik, namun menurut kabar terbaru, masyarakat bisa mengikuti program bantuan ini mulai tahun depan.

Pada awal November 2020, Komite Cipta Kerja (KCK) sudah membuka pendaftaran gelombang 11 yang akan menjadi penutup dari program Kartu Prakerja pada tahun ini.

Gelombang 11 sendiri terbuka untuk membuka kesempatan bagi masyarakat yang mendaftar pada gelombang 1-10 namun tidak kunjung lolos.

Baca Juga: Persiapan Pendaftaran Prakerja Gelombang 12, Solusi Lolos Jadi Peserta

Meski menjadi gelombang penutup dari program yang telah mulai sejak 11 April 2020 lalu, pihak PMO Kartu Prakerja mencatat lebih dari 6 juta masyarakat yang melakukan pendaftaran pada gelombang 11.

Louisa Tuhatu, Head Of Communications PMO Kartu Prakerja, mengatakan, pihaknya hanya membuka kuota pendaftaran sebesar 400 ribu orang dan hanya 390 ribu orang yang lolos.

Gelombang 11 sendiri merupakan program kartu Prakerja yang bertujuan untuk memulihkan kuota peserta yang tercabut pada gelombang 1 hingga 10.

“Gelombang 11 ini adalah gelombang penambahan dari hasil pemulihan kepesertaan yang tercabut karena peserta tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka dinyatakan lolos menjadi peserta Kartu Prakerja,” jelas Louisa.

Dengan tingginya minat masyarakat pada program Kartu Prakerja, menjadikan pemerintah membuka wacana untuk melaksanakan pendaftaran gelombang 12

Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 12 Mundur Tahun Depan

Louisa mengatakan pihaknya belum memastikan tanggal pasti gelombang selanjutnya akan terlaksana, karena masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

Meski begitu, Louisa menyatakan pembukaan pendaftaran gelombang 12 akan terlaksana tahun depan.

“Pembukaan gelombang 12 akan dilakukan tahun 2021, karena seluruh pelatihan akan ditutup pada 15 Desember 2020,” ucapnya pada Senin, 23 November 2020.

Louisa mengingatkan, bagi peserta Kartu Prakerja untuk segera membeli dan menyelesaikan pelatihan sebelum tanggal 15 Desember 2020.

Khususnya bagi peserta gelombang 11, untuk segera menyelesaikan pelatihan pertamanya sebelum 9 Desember 2020.

Jika tidak, maka pemerintah berhak mencabut status kepesertaan mereka sehingga akun yang bersangkutan tidak bisa menerima insentif Kartu Prakerja.

Tidak hanya Louisa, Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, juga memastikan program Kartu Prakerja tetap akan berlanjut hingga tahun 2021.

Dengan begitu, masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan untuk lolos pada gelombang 1 hingga 11 bisa mendaftar pada gelombang selanjutnya.

“Teman-teman bisa join batch (gelombang) selanjutnya di tahun depan, jadi join batch I di 2021,” ungkapnya.

Denni menambahkan, bagi masyarakat yang sudah mendaftar pada gelombang sebelumnya tidak perlu mengisi ulang data mereka dari awal, sebab datanya sudah tersimpan dalam database PMO.

“Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal,” ucapnya.

Denni menegaskan, bagi peserta yang sudah menerima insentif tahun ini, tidak bisa mendapatkan kembali dana tersebut pada tahun berikutnya.

“Program Kartu Prakerja tahun depan, penerimanya tidak ada yang sama dari penerima tahun ini, karena prinsip pemerataan kesempatan ini kita laksanakan,” jelasnya

Buat Surat Pernyataan Gagal Tiga Kali

Bagi masyarakat yang sudah mendaftar program Kartu Prakerja namun gagal hingga tiga kali. Hal itu dapat mengadukan masalah tersebut ke pihak Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Caranya adalah dengan mengisi surat pernyataan gagal tiga kali. Surat tersebut bisa Anda unduh melalui situs resmi Prakerja yaitu www.prakerja.go.id dengan langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan geser layar hingga ke bagian paling bawah dan pilih menu FAQ.
  2. Setelah masuk, geser menu bar yang tersedia ke arah kanan dan pilih menu ‘Status Lolos atau Tidak Lolos Kartu Prakerja’.
  3. Pada paragraf ketiga, tekan link berwarna biru dari kata ‘Surat Pernyataan’.
  4. Isi surat tersebut dengan data yang benar.
  5. Kirimkan surat pernyataan ini melalui alamat email [email protected]
  6. Setelah terkirim, nantinya pihak Manajemen Pelaksana Prakerja akan mengecek data Anda dalam database mereka berdasarkan surat tersebut.

Karena biasanya, penyebab peserta tidak kunjung lolos akibat dari data mereka yang teblokir otomatis oleh sistem.

Meski jadwal pendaftaran Prakerja gelombang 12 belum secara resmi pemerintah umumkan. Anda tetap dapat memantau update terbarunya dengan mengecek secara berkala melalui laman resmi Kartu Prakerja. (GaluhID/Hega)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan