Sabtu, 6 Maret 2021
Sabtu, 6 Maret 2021
 
 

Junaedi Salat Meninggal Dunia, Aktor Senior Pemeran Ali Topan Anak Jalanan

Junaedi Salat meninggal dunia. Kabar duka tersebut tentunya kembali menyelimuti dunia perfilman Indonesia.

Junaedi Salat merupakan seorang aktor senior yang dulu pernah membintangi sebuah judul film populer era ’70-an, Ali Topan Anak Jalanan.

Karier pria kelahiran Lampung tersebut mulai aktif dalam dunia seni peran berawal setelah ia mendapatkan tawaran dari seorang aktris.

Baca Juga: Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia, Berikut Kronologi Wafatnya Farida Pasha

Aktris bernama Rahayu Effendi menawarkan kepada Junaedi Salat untuk beradu peran dengan Dewi Puspa sebagai pemeran utama dalam film Aku Tak Berdosa pada era 1972.

Setelah itu ia kembali ikut bermain dalam beberapa film hingga sampai pada puncak popularitasnya sebagai seorang aktor.

Junaedi Salat kembali menjadi pemeran utama dalam sebuah judul film yang mengangkat namanya sehingga sangat terkenal.

Film Ali Topan Anak Jalanan membuat nama Junaedi Salat kian berkibar sebagai aktor profesional yang diperhitungkan kemampuan perannya.

Dalam film tersebut ia memerankan karakter remaja bernama Ali Topan. Ia pun mendapat peran untuk beradu akting dengan Yati Octavia.

Film Ali Topan Anak Jalanan merupakan adapatasi dari sebuah novel populer karya Teguh Esha dengan judul yang sama.

Namun aktor legendaris pemeran tokoh utama dalam film tersebut kini telah meninggalkan kita dan insan perfilman Indonesia.

Junaedi Salat Meninggal Dunia

Dunia hiburan tanah air kembali berduka setelah mendapat kabar bahwa Junaedi Salat meninggal dunia pada Senin (18/1/2021).

Humas PARFI, Evry Joe memberi kabar bahwa Junaedi menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin pukul 20.09 WIB di RS PGI Cikini, Jakarta Pusat.

“Berita duka kembali menimpa dunia perfilman Indonesia sang ALI TOPAN ANAK JALANAN ’70-an, Junaedi Salat tutup usia. Selamat jalan sang Aktor gagah yang melegenda,” tulis Evry.

Evry pun lanjut mengucpkan terima kasih pada Junaedi atas kontribusinya dalam menghibur masyarakat serta mendoakan untuk kebaikan sang aktor.

Kabar Junaedi Salat meninggal dunia pun diumumkan oleh kerabat terdekatnya yakni Mulyo P melalui pesan yang beredar pada berbagai media.

“Telah dipanggil kembali ke rumah Bapak Sorgawi: Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan. 2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini,” tulis Mulyo P.

Perjalanan Karier Sebagai Aktor

Perjalanan Karier Junaedi Salat sebagai seorang aktor berawal saat ia bekerja menjadi seorang pengurus gedung di Taman Ismail Marzuki sambil bersekolah.

Saat itu ia mendapatkan tawaran bermain film dan beruntungnya langsung mendapat tawaran menjadi pemeran utama.

Sekitar tahun 1972 kala itu Junaedi ikut proyek film yang berjudul Aku Tak Berdosa. Ia pun beradu akting dengan aktris cantik Dewi Puspa.

Setelah ikut bermain dalam film tersebut, aktingnya pun cukup menarik perhatian hingga Junaedi salat mendapat tawaran kembali bermain film.

Dua tahun berselang, Junaedi mendapat tawaran bermain film pada tahun 1974. Kala itu ia beradu akting dengan aktris Yenny Rahman dalam judul film Susana.

Dari beberapa judul film yang ia bintangi ada satu judul film yang membuatnya menjadi sangat populer dan melegenda hingga saat ini yakni Ali Topan Anak Jalanan.

Junaedi Salat membintangi Film Ali Topan Anak Jalanan pada tahun 1977. Kala itu ia beradu akting dengan Yati Octavia.

Penulis Lagu

Selain menjadi seorang aktor, Junaedi Salat juga ikut berkontribusi dalam industri musik Indonesia. Ia sempat menulis beberapa lirik lagu.

Semasa hidupnya ia sukses menciptakan beberapa lagu dalam album seperti Burung Camar, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra (Gilang Gemilang Indonesia), Chrisye (Percik Pesona), dan masih banyak lagi.

Menjadi Pendeta

Sebelum Junaedi Salat Meninggal dunia, ia sempat pensiun dari gemerlap dunia hiburan tanah air dan memutuskan menjadi seorang Kristen.

Semenjak menjadi seorang Pendeta, dalam sisa hidupnya ia pun aktif melakukan kegiatan khotbah dan mengisi acara-acara keagamaan keliling kota hingga luar negeri.

Selain itu walaupun sudah tidak aktif dalam dunia hiburan tapi darah seninya masih menempel hingga ia masih mampu aktif menciptakan lagu-lagu rohani Kristen.

Kini Junaedi Salat meninggal dunia, meninggalkan keluarga tercinta hingga para penggemarnya. Namun sosoknya masih terkenang sebagai aktor hebat dalam dunia perfilman Indonesia. (GaluhID/Muroseva)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Drama Sisyphus The Myth, Park Shin Hye Menjelajahi Masa Depan

Drama Sisyphus The Myth episode terbaru dengan bintang Park Shin Hye dan Cho Seung Woo kini meraih rating rata-rata 6,7 persen. Dengan mengusung genre...

Raline Shah Ulang Tahun Ke-36, Berharap Dapat Jodoh Tahun Ini

Raline Shah ulang tahun ke-36 pada tanggal 4 Maret 2021. Hingga saat ini, aktris berparas cantik tersebut masih terlihat menunjukan siapa yang akan menjadi...

Ji Soo Akui Kesalahan, Drakor River Where The Moon Rises Disetop?

Ji Soo akui kesalahan masa lalu setelah adanya tuduhan dari teman sekolahnya yang menyebut bahwa sang aktor pernah terlibat dalam skandal bully dan pelecehan...

Temukan Kami

47,905FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya