oleh

Kades di Ciamis Ini Pimpin Penjagaan Perbatasan Jabar-Jateng

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Kepala Desa atau Kades di Ciamis pimpin penjagaan perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, tepatnya di Bendungan Manganti, Minggu (12/04/2020) kemarin.

Kepala Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Pipin Kholis yang memimpin langsung penjagaan di perbatasan demi mencegah penyebaran virus Corona.

Penjagaan ketat tersebut dilakukan karena Bendungan Manganti merupakan penghubung antara Kabupaten Ciamis Jawa Barat dan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Tepatnya untuk Jawa Barat adalah Dusung Manganti, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, menghubungkan dengan Dusun Karangsari, Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungreja, Jawa Tengah.

Sehingga menurut Kepala Desa Sidarahayu Pipin Kholis sangat perlu dilakukan penjagaan ketat untuk antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Ini perlu kami lakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona, terlebih ini merupakan perbatasan dengan Jawa Tengah,” jelas Pipin Kholis, Kades di Ciamis.

Masih menurut Pipin, langkah penjagaan ketat tersebut dilakukan karena disinyalir perbatasan tersebut menjadi jalur masuknya warga dari luar Desa Sidarahayu.

Sehingga pihaknya dibantu dengan relawan Covid-19 Desa Sidarahayu, Puskesmas Purwadadi serta unsur Musyawah Pimpinan Kecamatan (Muspika) melakukan penjagaan dengan ketat.

“Saya ucapkan terima kasih pada para relawan dan juga Puskesmas serta Muspika Purwadadi atas kerja samanya melakukan penjagaan,” jelas Pipin.

Selain itu menurut Pipin, penjagaan tersebut dilakukan bersama-sama, selain yang disebutkan juga tidak ketinggalan para pendamping PKH maupun Pendamping Desa.

Penjagaan ketat yang dilakukan disertai dengan penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh dan mengarahkan warga untuk menggunakan masker.

Di perbatasan tersebut warga yang melintas menggunakan kendaraan akan diberhentikan dan dimintai keterangan yang meliputi asal dan juga tujuan.

Sementara itu, salah satu relawan Covid-19, Indra Parid menyampaikan penjagaan tersebut bukan hanya di perbatasan saja tetapi juga patroli.

“Selain penjagaan di perbatasan Bendungan Manganti, pada malam hari gugus desa melakukan patroli dengan ambulance desa,” jelas Indra.

Kegiatan itu dilakukan agar Desa Sidarahayu steril dari wabah virus Corona (Covid-19), sehingga tidak ada warga yang terpapar virus tersebut. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA