Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 10 Dibuka? Simak Jawabannya!

spot_img

Kapan kartu Prakerja gelombang 10 dibuka menjadi salah satu pertanyaan yang hangat diperbincangkan di media sosial. Hal ini karena masih banyak orang yang yang belum mendapatkan manfaat dari program pemerintah ini.

Program kartu Prakerja ini sudah berjalan selama enam bulan dan telah digulirkan sebanyak 9 gelombang. Namun masih banyak orang yang tidak menerima bantuan ini karena kuota yang diberikan memanglah terbatas.

Bagi Anda yang gagal di gelombang 9 Anda bisa mendaftar kembali pada tahap selanjutnya. Kepastian ini bisa Anda dilihat di akun instagram resmi kartu Prakerja.

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 10 Dibuka

Akun resmi prakerja ini memposting bahwa gelombang 9 Prakerja sudah ditutup pada tanggal 21 September 2020.

“Bagi sobat yang belum sempat di tahap ini, masih bisa bergabung ke gelombang berikutnya kok,” tulis akun IG prakerja.go.id.

Dengan pernyataan ini maka sudah hampir dipastikan bahwa kartu Prakerja tidak akan berhenti sampai gelombang 9. Namun ada kemungkinan gelombang 10 adalah yang terakhir karena kuota saat ini telah mencapai 5,4 juta dari rencana 5,6 juta orang.

Maka dari itu jangan sampai Anda terlewat untuk mengikuti salah satu program pemerintah kartu Prakerja ini. Ada beberapa kriteria yang berhak untuk mendapatkan bantuan prakerja ini.

Kriteria Penerima Kartu Prakerja

Sebelum Anda menanyakan kapan kartu Prakerja gelombang 10 dibuka, Anda juga perlu mengetahui kriteria penerimanya. Karena jika selalu gagal ada kemungkinan Anda memang tidak termasuk kriterianya.

Kriteria Penerima Bantuan Program Kartu Prakerja

  1. Tidak sedang bekerja
  2. Pekerja/karyawan yang mengalami PHK.
  3. Pekerja/karyawan yang dirumahkan akibat pandemi Korona.
  4. Tidak sedang mengikuti kegiatan sekolah formal.
  5. Bukan merupakan pejabat publik.
  6. Bukan merupakan ASN, Polisi dan Tentara.
  7. Bukan pegawai BUMN dan BUMD.
  8. Tidak menerima bantuan pemerintah yang lain seperti PKH dan BLT BPJS.

Jadi pertanyaan Kapan Kartu Prakerja gelombang 10 dibuka? Pastikan Anda memenuhi kriteria di atas. Jika Anda tidak termasuk kriteria di atas sudah dipastikan tidak akan diverifikasi oleh pengelola kartu Pakerja ini.

Banyak pertanyaan yang muncul seperti, “Saya sudah daftar bahkan lebih dari 3 kali namun selalu gagal”. Untuk menjawabnya mungkin Anda bukan salah satu kriteria penerima kartu Prakerja.

Jika Anda sebenarnya memenuhi kriteria penerima manfaat dari kartu Prakerja namun gagal bisa lakukan cara ini. Cara yang mudah dan sesuai dengan anjuran dari FAQ (Frequently Asked Question) dari situs resmi Prakerja.

Cara Agar Lolos Prakerja Setelah Gagal 3 Kali

Sebelum Anda bertanya kapan kartu Prakerja gelombang 10 dibuka dan telah gagal 3 kali atau lebih bisa gunakan cara ini. Cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja terutama yang memenuhi kriteria penerima kartu Prakerja.

Anda harus mengisi sebuah formulir pernyataan untuk dikirimkan kepada penyelenggara kartu prakerja melalui email. Adapun form surat pernyataan tersebut berisikan bahwa Anda adalah:

  1. Seorang Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia lebih dari 18 tahun.
  3. Tidak mengikuti Kegiatan sekolah Formal.

Selain itu, untuk lolos kartu Prakerja Anda juga menyatakan bahwa Anda bukan salah satu kelompok dari:

  1. Pejabat Negara.
  2. Aparatur Sipil Negara.
  3. Pimpinan dan Anggota DPRD.
  4. Prajurit TNI.
  5. Anggota Kepolisian.
  6. Kepala dan perangkat desa.
  7. Pegawai BUMN dan BUMD.

Pernyataan yang terakhir dalam form ini adalah Anda tidak menerima bantuan apapun dari pemerintah pusat. BLT, PKH, BPNT, Kartu Sembako, PBI dan bantuan BPJS Ketenagakerjaan.

Terakhir adalah Anda menyatakan telah melakukan pendaftaran sebanyak 3 kali ke situs prakerja.go.id dan belum berhasil.

Setelah itu Anda tandatangani pernyataan tersebut diatas sebuah materai 6000. Anda fotokan atau scan kemudian kirimkan via email ke alamat [email protected]

Jawaban untuk Kapan kartu prakerja Gelombang 10 dibuka adalah sesegera mungkin, namun pastikan Anda siapkan persyaratannya. Jika Anda sudah gagal 3 kali bisa mengirimkan form surat pernyataan ini agar kesempatan diterimanya semakin tinggi. (GaluhID/Putra)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan