Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Boleh Kunker Ini Syaratnya

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan ASN diperbolehkan melakukan kunjungan kerja (kunker) di tengah pandemi Covid-19 meningkat. Akan tetapi ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ciamis masih boleh melakukan kunker ke luar daerah namun dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan dan dibatasi kegiatannya.

”Kita belum melarang. ASN di Ciamis masih bisa melaksanakan kunjungan kerja. Tapi memakai protokol kesehatan dan dibatasi,” katanya, dalam apel kesiapan operasi yustisi penegakan disiplin penggunaan masker, di halaman Pendopo Ciamis, Selasa (15/09/2020) pagi.

Petugas gabungan menggelar razia besar-besaran di Ciamis dalam operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan operasi diawali dengan apel pasukan di halaman Pendopo Bupati. Setelah itu, petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, BPBD, Polres Cimis dan Kodim 0613 Ciamis.

Kemudian tim gabungan tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim pertama melakukan razia di titik keramaian. Sementara tim kedua melakukan razia secara mobile dengan patroli.

Lebih lanjut Herdiat menerangkan bahwa angka kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan di beberapa daerah kembali memberlakukan PSBB.

Kasus Covid-19 Meningkat di Ciamis Capai 42 Orang

Begitu pun dengan Ciamis, angka kasus Covid-19 meningkat dalam dua pekan terakhir. Bahkan jumlahnya kini mencapai 42 kasus terkonfirmasi positif.

Dengan rincian 33 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani isolasi dan perawatan.

Herdiat menyampaikan bahwa dalam operasi yustisi tersebut pihaknya mencoba menerapkan disiplin perotokol kesehatan, terutama untuk penggunaan masker.

”Masyarakat diminta memiliki kesadaran dari dalam. Kalau tak ada kesadaran tentu kami akan memberikan kesadaran dari luar dengan melakukan tindakan sanksi. Sekarang kita beri teguran tertulis,” ujar Herdiat.

Menurut Herdiat, pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hanya akan melumpuhkan roda perekonomian. Cara agar aman dari Covid-19 adalah dengan mengenakan masker.

Hasil study Goldman Sachs menunjukan bahwa pemakaian masker efektif mencegah penularan Covid-19 dan setara dengan PSBB. Dengan begitu, perekonomian masyarakat tetap bisa berjalan.

Herdiat menegaskan akan memberikan sanksi bagi para PNS yang kedapatan tidak disiplin memakai masker. Karena sebagai aparatur sipil negara, PNS harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...