Monday, 14 June 2021
Monday, 14 June 2021
BJB

Kulit Kepala Berminyak? Ini Cara Mengatasinya!

spot_img

Kulit kepala berminyak menimbulkan rasa gatal dan rambut mudah lepek. Kondisi ini membuat kain hijab, topi, dan helm jadi cepat bau padahal baru dicuci kemarin. Untuk itu, temukan perawatan rambut yang tepat agar masalah teratasi.

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala memproduksi minyak alami untuk menjaga keseimbangan kadar minyak. Ketika salah memilih shampo, kulit kepala akan memproduksi minyak berlebih sebagai bentuk pertahanan.

Kulit Kepala Berminyak, Pilih Shampo yang Tepat

Shampo yang tepat dapat mencegah kelebihan minyak di kulit kepala. Usahakan memilih shampo organik dengan kandungan surfaktan ringan, agar minyak alami di kulit kepala tidak sampai hilang semua.

Formula shampo anti rambut lepek bisa mengatasi kulit kepala berminyak agar tidak gatal dan tetap nyaman. Jika memungkinkan, hindari shampo yang mengandung sulfat dan paraben.

Sulfat dikenal sebagai bahan pembersih yang keras, sedangkan paraben dapat menimbulkan masalah baru bagi rambut. Beberapa diantaranya rambut kering, rambut bercabang, dan rambut rontok.

Mencuci Rambut Dua Hari Sekali

Bagi Anda yang sudah terbiasa keramas setiap hari, pasti poin ini menjadi tantangan besar. Terutama di saat cuaca panas, kondisi kulit kepala berminyak semakin terasa mengganggu. Namun jika ingin mengatasi masalah, penggunaan shampo perlu dibatasi.

Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami rambut. Jika kulit kepala kering, kondisi ini memicu produksi minyak berlebih. Oleh karena itu untuk mengatasi rambut lepek cukup keramas dua hari sekali saja.

Ketika hendak mencuci rambut, ambil shampo secukupnya saja. Oleskan shampo pada kulit kepala, bukan pada helaian rambut. Pelan-pelan busakan shampo sambil dipijat perlahan, lalu bilas hingga bersih.

Gunakan Dry Shampoo

Dry Shampoo atau Shampo Kering adalah produk rambut yang bisa menyerap minyak tanpa dibilas. Karena jadwal keramas diatur dua hari sekali, maka rambut perlu diberi dry shampo sebelum bertemu dengan waktu pencucian berikutnya.

Biasanya dry shampo berbentuk spray atau disemprot langsung ke rambut, ada juga yang menggunakan bedak transparan dengan formula oil control sebagai pengganti dry shampoo.

Dry Shampo bisa langsung digunakan saat rambut kering, kemudian Anda hanya perlu menata rambut seperti biasa. Atlet olahraga biasanya memiliki persediaan dry shampoo, karena sering berkeringat dan bisa memicu kulit kepala berminyak.

Merk dry shampoo terpopuler di Indonesia adalah Batiste, Colab, dan Dove. Batiste Dry Shampoo paling digandrungi oleh beauty influencer, menawarkan macam-macam aroma yang bisa menambah mood.

Batasi Jumlah Produk Rambut

Untuk mengatasi kulit kepala berminyak, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak produk. Jika produk-produk yang kita temui selain shampoo dan conditioner, hair tonic, hair serum, heat protection, lewati itu semua dan ambil yang butuhnya saja.

Menggunakan perawatan secara lengkap memang baik bagi rambut, tapi berbeda halnya kalau produk yang dipakai tidak memberi manfaat. Terlalu banyak produk malah akan menyebabkan penumpukan pada kulit kepala.

Sama seperti kulit wajah, jerawat juga bisa muncul di kulit kepala. Kemunculan jerawat di kulit kepala bisa disebabkan oleh penumpukan sebum pada folikel rambut, bisa juga karena terlalu banyak produk.

Jika ingin menggunakan hair mask, disarankan pakai di hari pencucian rambut. Dengan begitu penumpukan produk dapat dihindari karena langsung dibersihkan setelahnya. Hair mask berfungsi untuk menutrisi rambut agar lebih sehat dan berkilau.

Kurangi Makanan Berminyak

Apa yang Anda makan juga menentukan kondisi kulit kepala. Mengkonsumsi makanan yang digoreng menyebabkan kulit kepala berminyak dan terasa gatal. Saat mengkonsumsi makanan berminyak, tubuh mengalirkan minyak ke seluruh bagian termasuk kulit.

Tak heran jika makanan berminyak menjadi musuh bagi jenis kulit wajah berminyak. Karena ketika mengkonsumsi gorengan, minyak di wajah dapat memicu jerawat dan bruntusan. Menghindari makanan berminyak dapat membantu menerapkan pola hidup sehat.

Masalah kulit kepala berminyak bisa diatasi dengan shampo yang tepat dan mengatur jadwal pencucian rambut. Menggunakan dry shampo juga bisa menjadi solusi agar rambut terlihat lebih bervolume. Selain itu perlu membatasi jumlah produk rambut agar tidak terjadi penumpukan. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan