Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja, Ini Penyebabnya

spot_img

Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja sering terjadi kepada peserta yang sedang mendaftar pelatihan. Perlu diketahui, peserta yang telah lolos tes kartu prakerja akan diberi insentif sebesar 1 juta untuk membiayai pelatihan. Namun ketika peserta mendaftar pelatihan, seringkali terkendala di pembayaran padahal insentif sudah masuk. 

Apabila Anda mengalami kendala tersebut, tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendiri. Kendala tersebut bisa terjadi kepada semua peserta kartu prakerja, khususnya bagi mitra pelatihan yang masih dalam tahap pengecekan administrasi. 

Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja? Jangan Panik!

Penyebab kursus tidak ditemukan terjadi karena metode pembayaran sedang dinonaktifkan oleh lembaga pelatihan. Proses ini diperlukan, guna memenuhi syarat administrasi yang diatur dalam Permenko nomor 11 tahun 2020. Ada beberapa poin yang mengatur pelatihan kartu prakerja, salah satunya menyediakan ruang pembelajaran.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 7, Login www.prakerja.go.id Sekarang

Mengenai berapa lama proses ini akan berlangsung, dan kapan pelatihan sudah bisa dibeli belum ada informasi yang jelas. Peserta harus memeriksa secara berkala untuk bisa mendaftar paket pelatihan yang diinginkan. 

Tak ada salahnya menghubungi lembaga pelatihan melalui email atau  DM Instagram. Tanyakan mengapa kursus tidak ditemukan di kartu prakerja.

Pertimbangkan Pelatihan dari Mitra Lain

Kabar baiknya, kendala ‘kursus tidak ditemukan di kartu prakerja’ tidak terjadi pada semua mitra pelatihan. Artinya jika sedang mendaftar pelatihan dari satu mitra terjadi kendala demikian, maka peserta bisa mencoba daftar ke mitra lain. 

Sebagaimana kita tahu bahwa peserta kartu prakerja diberi kesempatan maksimal 30 hari untuk mengikuti pelatihan. Apabila tidak ada aktivitas sama sekali, maka dana pelatihan akan hangus dan peserta kartu prakerja tidak akan mendapat insentif selanjutnya.

Oleh karena itu jika mitra yang sudah Anda pilih tidak kunjung memberi kepastian mengenai pelatihan, disarankan untuk segera mendaftar ke mitra lain dengan catatan saldo kartu prakerja belum terpotong. 

Sebagai contoh, peserta telah menerima insentif sebesar 1 juta ke saldo kartu prakerja. Kemudian peserta mendaftar ke mitra Pijar Mahir untuk mengikuti pelatihan Microsoft Excel. Ketika peserta melanjutkan proses pembayaran dengan nomor kartu prakerja, muncul notifikasi Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja.

Apabila kasusnya sama, maka peserta bisa mendaftar lagi ke mitra lain semisal Tokopedia. Ketika peserta melakukan pembayaran dengan nomor kartu prakerja, mitra akan mengirim sms berisi kode OTP. 

Masukkan kode OTP ke situs mitra lalu saldo kartu prakerja akan terpotong. Selanjutnya peserta tinggal mengikuti pelatihan secara online sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh lembaga. 

Kartu Prakerja Bisa Dicabut, Jika Melakukan Kesalahan Ini

Seperti yang telah diungkapkan Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator bidang Perekonomian, kartu prakerja bisa dicabut jika peserta tidak melakukan pelatihan dalam 30 hari sejak dinyatakan lolos. 

Bagi peserta yang sudah diterima kartu prakerja, maka hal yang harus dilakukan adalah membeli paket pelatihan. Setiap peserta diberi bantuan sebesar 1 juta untuk pelatihan, manfaatkan sebaik mungkin untuk mengasah keahlian yang Anda miliki.

Baca Juga: Gagal Masuk Kartu Prakerja Berkali-kali? Coba Trik Ini Biar Lolos!

Jika peserta tidak mengikuti pelatihan, maka dana bantuan tersebut akan hangus dan dikembalikan ke kas negara. Peserta yang tidak menyelesaikan pelatihan juga tidak akan mendapat insentif Rp 600 ribu per bulan, karena dianggap tidak mematuhi ketentuan kartu prakerja. 

Inilah sebabnya mengapa kartu prakerja hanya ditargetkan untuk orang yang belum mendapat pekerjaan. Karena jika orang sudah terikat kontrak dengan satu perusahaan sebagai karyawan penuh waktu, maka ia tidak bisa mengikuti pelatihan sesuai jadwal yang diselenggarakan lembaga. 

Salah satu kendala yang dialami peserta ialah kursus tidak ditemukan di kartu prakerja saat mendaftar pelatihan. Namun kendala tersebut tidak berlangsung lama, dan peserta bisa memanfaatkan waktu dengan mendaftar ke mitra lain.

Program kartu prakerja sempat dikritik karena disalahgunakan sebagai gaji pengangguran semi bansos. Padahal jika dilihat dari prosedur pelaksanaan, kartu prakerja justru memiliki kelebihan yaitu insentif ditransfer langsung ke rekening peserta sehingga peluang korupsi sangat kecil. 

Menyikapi hasil evaluasi dari gelombang sebelumnya, Kartu Prakerja telah meningkatkan layanan dengan mengharuskan peserta mengikuti online meeting selama pelatihan berlangsung. Dengan begini, peserta dapat menghadiri pelatihan secara tatap muka dan tidak diwakilkan pihak lain. 

Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja bukan pertanda keanggotaan Anda dicabut. Namun itu terjadi karena mitra penyelenggara masih dalam proses pengecekan administrasi guna memenuhi syarat pembayaran kartu prakerja. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan