Selasa, April 16, 2024

Lebih Mudah, Bikin NIB di DPMPTSP Ciamis Sehari Jadi

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis, galuh.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis siap membantu pelaku usaha yang ingin membuat Nomor Induk Berusaha (NIB). DPMPTSP Ciamis bahkan menjamin membuat NIB bisa sehari jadi.

“Pembuatan NIB bagi pelaku usaha di Kabupaten Ciamis bisa kami layani langsung di kantor DPMPTSP Ciamis. Bisa sehari jadi, asalkan dokumennya sudah lengkap,” ujar Kepala DPMPTSP Ciamis, Rudi S.E, Jumat (22/3/2024).

Dokumen yang diperlukan untuk pembuatan NIB, menurut Rudi, adalah KTP Pemohon, NPWP Pemohon, legalitas perusahaan seperti akta perusahaan jika sudah berbentuk perusahaan.

- Advertisement -

“Jangan lupa juga siapkan email dan nomor HP yang aktif untuk proses verifikasi akun di OSS,” lanjutnya.

Baca Juga: Perbedaan SIUP dan NIB, Ini Penjelasan DPMPTSP Ciamis

Rudi menegaskan pembuatan NIB langsung di kantor DPMPTSP tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

“Semuanya gratis, tidak dipungut biaya. Petugas di DPMPTSP Ciamis siap membantu masyarakat. Siapapun warga Ciamis yang akan membuat NIB,” jelasnya.

Karena itu, Rudi mengimbau masyarakat tidak ragu lagi untuk membuat NIB sebagai bagian dari legalitas usaha.

“Prosesnya mudah, online sebenarnya bisa dilakukan mandiri, tapi kalau kesulitan datang saja ke kantor DPMPTSP Ciamis. Tidak ada biaya juga, jadi tidak perlu lagi ragu untuk membuat NIB,” katanya.

Rudi menjelaskan, pentingnya membuat NIB bagi para pelaku usaha. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat setelah pelaku usaha memiliki NIB.

“Keuntungan apabila memiliki NIB, pertama akses permodalan di bank akan lebih mudah. Selain itu karena sudah tercatat di sistem, bisa dilibatkan dalam pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh instansi terkait. Keuntungan lainnya, menumbuhkan kepercayaan dari konsumen, sehingga peluang pasar dalam memasarkan produk itu akan lebih luas,” jelasnya.

Selain itu, Rudi menambahkan, setelah ada NIB, pelaku usaha akan lebih mudah mendapatkan izin usaha lainnya yang diperlukan sesuai sektor usahanya.

“Kalau sudah ada NIB, proses izin usaha lainnya yang diperlukan akan lebih mudah,” tandasnya. (GaluhID)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Persib Gagal Menang dari Persita Setelah Drama 6 Gol

Galuh.id- Persib Bandung harus puas gagal menang dan berbagi poin setelah drama 6 gol melawan Persita Tangerang. Pertandingan tersebut merupakan...

Artikel Terkait