Selasa, 9 Maret 2021
Selasa, 9 Maret 2021
 
 

Leeds United Kembali ke Kasta Teratas Liga Inggris

Berita Olahraga, galuh.id – Kabar gembira menghinggapi ranah sepak bola Inggris, Jumat (17/7) waktu setempat menjadi hari membahagiakan bagi fans Leeds United.

Dimana klub sepak bola kebanggaan mereka akhirnya memastikan diri sebagai klub pertama yang promosi ke kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris, Premier League musim depan.

Kepastian ini didapat setelah rival terdekatnya di klasemen Divisi Championship, West Brom kalah 1-2 dari tamunya Huddersfield Town.

Secara matematis, hasil tersebut memastikan Leeds United yang saat ini memimpin klasemen dengan koleksi 87 poin, aman dari kejaran rivalnya.

Meski masih menyisakan dua laga lagi, mereka paling rendah akan finish di posisi kedua pada kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

Ini merupakan penantian panjang bagi klub maupun fans selama 16 tahun. Terakhir Leeds United merasakan kompetisi Premier League pada musim 2003/2004.

Penantian Panjang Leeds United

Pada catatan sejarah sepak bola Inggris, Leeds United bukanlah tim sembarangan di Premier League maupun di kompetisi Eropa.

Leeds United pernah 3 kali menjuarai Premier League bahkan tim ini pernah menjuarai Europa League sebanyak 2 kali.

Pada awal tahun 2000-an mereka bahkan sempat menggebrak di kompetisi Liga Champions, namun perlahan pencapaian ini menukik ke bawah.

Diawali dari musim 2003/2004 itu, mereka harus terdegradasi dari Premier League dan menjadi penampilan terakhirnya, kemudian tak pernah kembali selama 16 tahun.

Usai terdegradasi, bukannya tampil baik dan kembali secepatnya ke Premier League, Leeds United malah divonis bangkrut pada tahun 2007.

Kebangkrutan yang dialami oleh klub yang bermarkas di Elland Road ini adalah, karena soal hutang piutang ke bank. Dimana saat tenggat waktu pembayaran mereka sedang mengalami krisis.

Leeds United kemudian terlempar dari persaingan, bahkan sempat merasakan bermain di kasta ketiga Liga Inggris pada musim 2007/2008.

Setelah mengalami pasang surut, mereka pelan-pelan berubah dibawah kepemilikan presiden klub asal Italia, Andrea Radrizzani pada Januari 2017.

Kestabilan di manajemen klub inilah kemudian menurun ke skuad tim, Radrizzani menunjuk Marcelo Bielsa sebagai pelatih pada Juni 2018.

Diasuh Marcelo Bielsa,Leeds United Kembali Moncer

Pelatih berusia 64 tahun ini sudah 2 musim bersama Leeds United, ia ditargetkan oleh manajemen tim berjulukan The Whites itu naik kasta.

Kemudian Marcelo Bielsa dapat menjawabnya kali ini, sepanjang musim ini mereka begitu dominan di Divisi Championship dengan tak pernah keluar dari dua besar klasemen sejak November.

Pelatih berkebangsaan Argentina ini berhasil menampilkan permainan yang impresif dan menawan.

Total 26 kemenangan direngkuh dengan mencatatkan clean sheets sebanyak 21 kali. Sebuah catatan yang baik, yang menandakan sektor pertahanan tim ini sangat solid dan kuat.

Dari sektor penyerangan, Leeds mencatatkan 70 gol pada musim ini. Sebuah hasil yang sangat baik dan garang untuk sektor penyerangan. 

Dengan materi tim berisi pemain muda yang berbakat dengan rata-rata usia 24 tahun, Bielsa berhasil memoles anak asuhnya dengan baik.

Mereka mempunyai kiper asal Spanyol, Kiko Casilla merupakan tembok terakhir tim ini.  Penjaga gawang kawakan ini sudah memiliki pengalaman di beberapa liga di Benua Biru.

Di lini tengah, Bielsa memiliki gelandang seperti Kalvin Phillips yang memiliki kemampuan dan kerap disamakan seperti legenda timnas Italia, Andrea Pirlo.

Selain itu, Klub ini memiliki penyerang tajam pada diri Patrick Bamford, sejauh musim ini ia telah mencetak 16 gol untuk timnya.

Penyerang 27 tahun ini awal didatangkan dari Chelsea, dan telah menjadi tumpuan bagi Bielsa di sektor penyerangan. Ia pun mampu memberikan penampilan terbaiknya.

Leeds United Promosi, Diapresiasi oleh Josep Guardiola

Sekembalinya Leeds United ke Premier League, pelatih Manchester City Josep Guardiola bahkan memberikan pesan khusus pada klub yang berasal dari kota Yorkshire.

“Yang terbaik telah tiba di Premier League,” begitu bunyi cuitan pelatih yang memang mengidolakan Marcelo Bielsa itu di akun Twitter pribadinya, @PepTeam.

Bielsa memang merupakan salah satu mentor Guardiola, ia pun tak segan-segan mengakui bahwa Marcelo Bielsa adalah pelatih terbaik di dunia.

Well, selamat untuk Leeds United yang telah promosi ke Premier League musim 2020/2021. GaluhID/Dhi)

Loading...

Artikel Terkait

Top Skor Liga Inggris 2020: Calvert-Lewin Disamai Salah dan Son Heung-Min

Daftar top skor Liga Inggris 2020, striker Everton Dominic Calvert-Lewin tak lagi bertengger sendirian di posisi teratas saat ini. Mohamed Salah-nya Liverpool dan Son Heung-Min-nya...

Hasil Liga Inggris: Liverpool Kudeta Puncak Klasemen

Hasil Liga Inggris pada pekan ke-14 yang berlangsung dini hari tadi, mengubah persaingan di klasemen sementara sehingga semakin sengit. Liverpool yang menjamu pemuncak klasemen Tottenham...

Leeds vs West Ham 1-2, The Hammers Menang Lewat 2 Gol Sundulan

Leeds vs West Ham menjadi laga pembuka Liga Inggris musim 2020/2021 yang telah memasuki pekan ke-12. West Ham yang bertindak sebagai tim tamu menaklukkan Leeds...

Temukan Kami

47,889FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya