Kamis, 23 September 2021
Kamis, 23 September 2021
spot_img

Lengser dari Jabatan Menteri, Wishnutama Jadi Komisaris Tokopedia

Wishnutama kembali jadi Komisaris Tokopedia setelah lengser dari jabatannya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pria kelahiran Jayapura tersebut sebelumnya cukup terkenal luas di kalangan masyarakat sebagai pendiri sekaligus CEO NET.

Karena kesuksesannya membangun sebuah siaran televisi yang cukup hebat pada saat itu, namanya pun populer sebagai orang yang sangat kreatif.

Baca Juga: Revisi RUU Pemilu, Demokrat Konsisten Dukung Pilkada 2022-2023

Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo Jilid 2, Wishnutama mendapat kehormatan dan tanggung jawab untuk menempati posisi menteri.

Pria bernama lengkap Wishnutama Kusubandio itu resmi terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019.

Namun posisinya yang menjabat sebagai menteri tak bertahan lama. Wishnutama merupakan salah satu orang yang terkena perombakan kabinet atau reshuffle.

Sandiaga Uno hadir sebagai penggantinya untuk meneruskan tanggung jawab memegang peran penting dalam perkembangan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Setelah melepas jabatannya, Wishnutama berencana ingin istirahat terlebih dulu karena setahun terakhir ini ia begitu kerja keras melaksanakan tugas saat pandemi melanda.

Akan tetapi baru-baru ini setelah satu bulan melepas jabatan menteri, Wishnutama kembali mendapat jabatan dalam sebuah perusahaan besar yang bergerak pada bidang e-commerce.

Wishnutama Kembali Jadi Komisaris Tokopedia


Eks Menteri Parekraf tersebut kembali menjadi sorotan publik setelah memberikan kabar gembira melalui akun instagram pribadinya.

Wishnutama kembali jadi Komisaris Tokopedia. Ia mengucapkan terima kasih dan mengaku sangat senang bisa kembali ikut andil dalam perusahaan Tokopedia.

“Terima kasih banyak bro William @liamtanu dan @tokopedia Semoga kita dapat memajukan Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital,” tulis Wishnutama.

Ia pun menambahkan beberapa kalimat yang seakan menunjukan bahwa untuk memajukan ekonomi kreatif itu tidak harus menjadi seorang menteri. Namun bisa juga dengan jalan lain.

“Terutama di sisi pemberdayaan UMKM lokal yang tentu berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif negeri ini,” tambahnya.

Tentunya dengan menerima tawaran tersebut, ia akan berusaha keras membantu negeri ini dalam memajukan ekonomi kreatif melalui jalan Tokopedia.

Wishnutama Kembali

Wishnutama kembali jadi Komisaris Tokopedia setelah sebelumnya ia pun sempat menempati posisi tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ia pernah menjabat sebagai Komisaris Tokopedia.

Namun karena mendapat kepercayaan dari Presiden, akhirnya Wishnutama mengundurkan diri dari Tokopedia pada tanggal 21 Oktober 2019.

Komentar Dari CEO Tokopedia

CEO Tokopedia, William sangat meyakini pengalaman Wishnutama dapat ikut membantu terwujudnya misi besar perusahaan.

Memilih Wishnutama kembali jadi Komisaris Tokopedia itu bukan serta merta karena nama. Namun memang kemampuannya sudah teruji dari banyak pengalamannya.

“Tokopedia percaya, pengalaman kepemimpinan dan kreativitas Mas Tama akan memberikan nilai tambah tersendiri,” ucap William.

Ia pun percaya dengan hadirnya Wishnutama, nilai tambah tersebut akan berdampak pada para pemimpin di perusahaan, institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia.

Wishnutama Sangat Berpengalaman dalam Industri Kreatif

Wishnutama memang orang yang sangat berpengalaman cukup lama dalam dunia industri kreatif. Pengalamannya hampir 26 tahun.

Tak hanya hadir dan populer sebagai pendiri NET Mediatama Televisi. Namun ia pun pernah menjabat sebagai Direktur Utama Trans TV dan Trans 7.

Pada tahun 2018 Wishnutama juga pernah menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games.

Saat itu hasil karyanya sempat menuai banyak pujian karena dianggap telah berhasil menyuguhkan pertunjukan spektakuler.

Selain itu Wishnutama pernah ikut andil menjadi director dalam pembuatan video klipnya Anji dalam lagu ‘Aku Percaya’ yang juga banyak mendapat apresiasi.

Walaupun tidak tuntas menjabat sebagai menteri dalam kabinet jilid 2 pada pemerintahan Joko Widodo. Namun kemampuan Wishnutama tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kiprahnya dalam industri kreatif banyak memberi dampak baik. Ia kerap melakukan inovasi-inovasi yang berhasil menjadi tren.

Salah satunya saat masih menjabat di Trans TV. Inovasinya dalam menciptakan program acara komedi menggunakan skrip pertama bernama Extravaganza.

Pada waktu itu karirnya pun semakin menanjak dari Kepala Divisi Produksi hingga menjadi Direktur Utama Trans TV.

Maka sangat wajar jika William tertarik untuk memboyong Wishnutama kembali jadi Komisaris Tokopedia. Karena mereka percaya kehadirannya akan membantu pada kemajuan perusahaan. (GaluhID/Muroseva)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan