Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Luar Biasa, Miniatur Rumah Hasil Karya Pemuda Ciamis

Ciamis- Galuh.ID – Yoyo (27) pemuda asal dusun Mandalika, Desa Cikoneng Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis menekuni kerajinan miniatur rumah dari limbah bambu yang sudah tidak layak pakai, sehingga menjadi sebuah karya seni yang memiliki nilai jual tinggi.

Yoyo menekuni kerajinan rumah miniatur ini sejak setahun lalu. Awalnya Yoyo bekerja di Bandung, pulang dari Bandung Yoyo pulang ke Ciamis untuk mengikuti sekolah Paket C. Yoyo yang kemudian menganggur saat itu bertemu dengan Yuda Warisman yang mengajaknya untuk belajar membuat kerajinan dari bambu yang bisa menghasilkan uang. Yoyo pun mulai mempelajari kerajinan miniatur bambu dari internet.

Yoyo yang ditemui di kediamannya pada Senin (19/11/2018) mengatakan jika bahan baku bambu di daerahnya sangat melimpah sehingga Yoyo tidak mengalami kesulitan memperoleh bahan baku. Saat ini Yoyo mendapatkan banyak pesanan dari warga sekitar maupun dari daerah lain. Yoyo dibantu para pemuda di desanya dalam pembuatan kerajinan miniatur dari bambu ini.

“Harga sebuah miniatur dipasarkan mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu, sementara pemasaran dilakukan baru di medsos saja,” terang Yoyo.

Kendala saat ini menurut yoyo peralatan yang digunakan masih sederhana, sehingga tidak bisa melayani pesanan terlalu banyak.

Selain itu Yoyo juga mengeluhkan masalah modal yang minim, “harapannya bisa mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Ciamis terutama masalah permodalan,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.