oleh

Mahasiswa Unigal Gelar Penyuluhan Berkendara di SMP 1 Atap Payungagung Ciamis

 
 

Ciamis, galuh.id – Sejumlah mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan berkendara kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Atap Payungagung, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Unigal desa Payungagung, Kecamatan Panumbangan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis.

Mengusung tema “Deklarasi Peduli Keselamatan Berkendara pada Generasi Millenial Desa Payungagung”, kegiatan ini dimulai pukul 09.00 sampai selesai.

Sebanyak 60 peserta terdiri dari siswa kelas 7 hingga kelas 9 terlihat antusias. Pihak sekolah turut menyambut baik program KKN tersebut, karena selaras dengan salah satu kurikulum sekolah.

Ketua pelaksana, Baharudin Yusuf, menjelaskan sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan langkah preventif ke depan. Karena belum terdapat Sekolah Menengah Atas (SMA) di desa Payungangung, beberapa siswa nantinya akan menempuh jarak ke sekolah dengan memakai kendaraan bermotor.

Di sisi lain, ia menambahkan, selain karena latar belakang geografis, kegiatan ini begitu penting mengingat kesadaran akan keselamatan berkendara bagi siswa belum sepenuhnya dipahami. Hal tersebut ditengarai oleh sekelompok remaja yang kerap terlihat ugal-ugalan di jalan tanpa memedulikan keselamatan.

“Sangat penting diadakannya acara seperti ini. Mengingat di desa Payungagung belum ada SMA. Karena jarak yang lumayan jauh jika pergi ke Kecamatan Panumbangan. Oleh karena itu, otomatis siswa harus memakai motor saat berangkat ke sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, harapan ke depan, dengan beragam kegiatan yang berorientasi pada keselamatan berkendara dapat menekan angka kecelakaan di kabupaten Ciamis.

“Semoga dengan kegiatan ini, tim KKN Unigal di desa lain yang mengadakan kegiatan serupa, dapat membantu meminimalisir angka kecelakaan di kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA