oleh

Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah, Tanpa Efek Samping

 
 

Gaya Hidup, galuh.id – Bahan-bahan alami banyak digandrungi orang. Terutama untuk perawatan kulit, orang-orang lebih peduli pada kesehatan kulit dengan efek samping minimalis.

Salah satu bahan yang sudah terbukti di dunia kecantikan yaitu madu. Salah satu manfaat madu berguna untuk perawatan kulit wajah.

Madu secara alami dibuat oleh lebah yang mengumpulkan nektar dan menyimpannya di sarang untuk menciptakan cairan manis serta kental.

Madu membantu kulit berminyak dan kering seperti vitamin B, kalsium, seng, kalium dan zat besi. Madu juga kaya akan antioksidan, bersifat antibakteri dan memiliki aktivitas enzim yang membuat kulitmu lebih glowing.

Menurut Liana Cutrone, ahli terapi kulit di Heyday, semakin gelap warna madu semakin banyak antioksidan yang dimilikinya. Jadi disarankan untuk menggunakan madu mentah yang tidak dipasteurisasi.

Manfaat madu ini dapat kamu gunakan untuk kecantikan yang jarang orang tahu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Madu sebagai Pembersih Wajah

Sifat antioksidan, antiseptik dan antibakteri pada madu membuat bahan ini jadi pilihan utama untuk mengatasi jerawat.

Madu akan membuka pori-pori dan menghilangkan komedo sambil menjaga kulit tetap lembab sepanjang hari.

Caranya, basahi wajah dengan air hangat lalu gunakan sekitar setengah sendok teh madu dan pijatkan ke wajah dengan gerakan memutar.

Biarkan madu menyerap selama 30 detik sebelum membilasnya dan melanjutkan rutinitas perawatan kulitmu.

Menghilangkan sel kulit mati
Kamu bisa menggunakan masker wajah madu untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Kamu juga dapat mencampur bahan lain seperti cuka, alpukat, lemon atau apel untuk menambahkan manfaatnya. Caranya: oleskan lapisan tipis madu diatas kulit dan biarkan selama 8-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Usap wajah hingga kering, gunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Madu untuk Mencegah Penuaan

Probiotik, antioksidan, nutrisi dan enzim dalam madu bekerja sama untuk memberi nutrisi dan memicu regenerasi kulit.

Ini berguna untuk mempertahankan dan membangun kembali kelembaban kulit tanpa membuatnya berminyak atau iritasi.

Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan kerutan, namun madu bisa mengurangi dampak penuaan.

Antioksidan yang dikandung pada madu membantu mengatasi masalah yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Manfaat Madu untuk Mengobati Jerawat

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam madu membantu menghilangkan minyak berlebih, dan jika dioleskan setiap hari akan menyeimbangkan bakteri pada kulit.

Gunakan madu sebagai spot treatment untuk menghilangkan jerawat yang membandel atau bahkan untuk mengatasi kondisi kulit autoimun seperti eksim atau psoriasis.

Manfaat madu membantu memperbaiki kerusakan kulit lebih cepat. Semakin sering menggunakan madu pada wajah semakin besar kemungkinan untuk melihat hasilnya. (galuh.id/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA