Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Manuk Londo Bakar, Kuliner Kota Banjar Paling Diminati

Banjar, galuh.id – Ada menu spesial di Rumah Makan Cobek Beti yang membuat penasaran pembeli, yakni Manuk Londo Bakar. Sajian menu yang diolah dan dengan bumbu khas Rumah Makan Cobek Beti.

Manuk londo sendiri merupakan burung hasil perkawinan silang unggas asli dari Perancis, bernama French Quail. Karena itu Manuk londo jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘burung bule’.

Bisa jadi, untuk Ciamis, Banjar, dan Pangandaran hanya Rumah Makan Beti lah yang menyajikan menu Manuk Londo. Cobek Beti memilih Manuk Londo menjadi menu andalan, karena unggas ini rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan.

“Manuk Londo ini berbeda dengan burung atau ayam yang lainnya, karena rendah kalori dan kaya dengan protein,” kata pemilik Rumah Makan Cobek Beti Tanjungsukur Kota Banjar, H. Wulan Beti kepada Galuh ID, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Wulan, Manuk Londo juga sangat baik dikonsumsi anak-anak karena berkhasiat membantu mempercepat pertumbuhan, menguatkan tulang belakang, meningkatkan stamina tubuh, dan melancarkan peredaran darah.

Menu andalan Rumah makan Cobek Beti, Manuk Londo Bakar. Foto: GaluhID

Harga Manuk Londo Bakar sangat terjangkau, hanya Rp. 25.000 per porsi. Maka tak heran jika Rumah Makan Cobek Beti dapat menghabiskan 200 ekor Manuk Londo dalam sehari.

“Menu Manuk Londo bakar menjadi menu paling laris, rata-rata habis 200 ekor dalam sehari,” kata Wulan.

Salah satu pengunjung Rumah Makan Cobek Beti, Yuna Yuniarti mengaku seminggu sekali dia membeli Manuk Londo Bakar.

Menurut Yuna, daging Manuk Londo Bakar yang disajikan Rumah Makan Cobek Beti sangat lembut dan mempunyai rasa yang bikin ketagihan.

“Daging Manuk Londo ini tekstur dagingnya lembut, enak dan bergizi juga. Pokoknya mempunyai rasa yang khas,” kata Yuna. 

Rumah Makan Cobek Beti sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990. Saat ini para pemegang rumah makan tersebut adalah anak-anak dari Ibu Eti, pendiri Rumah Makan Cobek Beti. Mereka adalah Bagus, Wulan, Cici dan Rara. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

PSBB Jawa Barat Berakhir Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis Adakan Syukuran

Berita Ciamis, galuh.id - Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis menggelar syukuran setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat berakhir.

Rumah Makan Ternama di Ciamis Lakukan Antar Saji Saat PSBB

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk melayani pelanggannya, rumah makan ternama di Ciamis lakukan antar saji pada pelanggannya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Brownis Panggang Ekonomis dengan Dua Telur, Mudah Dibikin

Tips, galuh.id - Saat menunggu buka puasa bisa manfaatkan membuat brownis panggang yang ekonomis dengan dua telur dan bahan yang lainnya.

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Akibat Pandemi Covid-19 di Ciamis, Ribuan Pasangan Suami Istri Bercerai

Berita Ciamis, galuh.id - Akibat pandemi Covid-19, di Ciamis ribuan pasangan suami istri bercerai, terdapat kenaikan yang signifikan perkara dibandingkan sebelum pandemi.

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.