oleh

Manuk Londo Bakar, Kuliner Kota Banjar Paling Diminati

 
 

Banjar, galuh.id – Ada menu spesial di Rumah Makan Cobek Beti yang membuat penasaran pembeli, yakni Manuk Londo Bakar. Sajian menu yang diolah dan dengan bumbu khas Rumah Makan Cobek Beti.

Manuk londo sendiri merupakan burung hasil perkawinan silang unggas asli dari Perancis, bernama French Quail. Karena itu Manuk londo jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘burung bule’.

Bisa jadi, untuk Ciamis, Banjar, dan Pangandaran hanya Rumah Makan Beti lah yang menyajikan menu Manuk Londo. Cobek Beti memilih Manuk Londo menjadi menu andalan, karena unggas ini rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan.

“Manuk Londo ini berbeda dengan burung atau ayam yang lainnya, karena rendah kalori dan kaya dengan protein,” kata pemilik Rumah Makan Cobek Beti Tanjungsukur Kota Banjar, H. Wulan Beti kepada Galuh ID, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Wulan, Manuk Londo juga sangat baik dikonsumsi anak-anak karena berkhasiat membantu mempercepat pertumbuhan, menguatkan tulang belakang, meningkatkan stamina tubuh, dan melancarkan peredaran darah.

Menu andalan Rumah makan Cobek Beti, Manuk Londo Bakar. Foto: GaluhID

Harga Manuk Londo Bakar sangat terjangkau, hanya Rp. 25.000 per porsi. Maka tak heran jika Rumah Makan Cobek Beti dapat menghabiskan 200 ekor Manuk Londo dalam sehari.

“Menu Manuk Londo bakar menjadi menu paling laris, rata-rata habis 200 ekor dalam sehari,” kata Wulan.

Salah satu pengunjung Rumah Makan Cobek Beti, Yuna Yuniarti mengaku seminggu sekali dia membeli Manuk Londo Bakar.

Menurut Yuna, daging Manuk Londo Bakar yang disajikan Rumah Makan Cobek Beti sangat lembut dan mempunyai rasa yang bikin ketagihan.

“Daging Manuk Londo ini tekstur dagingnya lembut, enak dan bergizi juga. Pokoknya mempunyai rasa yang khas,” kata Yuna. 

Rumah Makan Cobek Beti sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990. Saat ini para pemegang rumah makan tersebut adalah anak-anak dari Ibu Eti, pendiri Rumah Makan Cobek Beti. Mereka adalah Bagus, Wulan, Cici dan Rara. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA