oleh

Masih Bingung Memilih Ukuran Ban Luar? Kenali Dulu Arti Angkanya

Hubungi
 
 

Otomotif, galuh.id– Hati-hati memilih ukuran ban luar. Salah pilih ukuran resikonya sangat fatal karena akan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa.

Setiap ban luar baik motor maupun mobil memiliki ukuran masing-masing. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang ukuran pada ban.

Loading...

Sebelum memilih merk atau type, terlebih dahulu harus menentukan ukuran ban yang sesuai dengan peruntukannya. Tentunya yang sesuai dengan velg motor atau mobil.

Setiap kendaraan memiliki lebar velg berbeda-beda, sehingga erat kaitannya dengan ukuran ban luar yang akan digunakan. Di sinilah diperlukan kehati-hatian dalam memilih ukuran ban luar.

Contoh pada bibir ban tertera 2.75-18. Biasanya angka ini tertera pada ban dahulu karena untuk ukuran ban saat ini memiliki angka yang berbeda-beda.

Untuk angka 2.75-18 berarti ban luar memiliki lebar 2.75 satuannya inci. Sedangkan angka 18 merupakan diameter lingkaran velg yang akan digunakan.

Untuk ban luar yang memiliki tampilan angka tersebut, biasanya untuk tinggi atau luas ban didasarkan pada nilai 100%, yaitu tinggi ban sama dengan lebar ban.

Ukuran ban seperti di atas termasuk ukuran ban motor kode imperial. Sedangkan kode yang lainnya kode metric yang sering dijumpai pada ban luar saat ini.

Misalnya tercantum pada bibir ban luar ban motor dengan angka 80/90-17. Ini berarti lebar ban 80 dengan satuan mm. Sedangkan angka 90 merupakan perbandingan tinggi ban.

Jadi dapat dijelaskan angka tersebut yaitu ban luar terebut memiliki lebar 80mm. Sedangkan angka berikutnya merupakan persentase dari lebar, yaitu 90% dari 80mm.

Sementara ntuk angka berikutnya yaitu 17 yaitu ring velg, atau lebih jelasnya diameter lingkaran pada ban tersebut. Hal ini sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu.

Hati-hati Memilih Ukuran Ban Luar, Jangan Pilih Ban Lebih Kecil dari Velg

Ukuran velg dan ban pun harus sesuai, tidak dianjurkan menggunakan ban lebih kecil dari pada velg. Begitupun mengaplikasi ban luar dengan ukuran kecil mirip dengan sepeda, tidak dianjurkan sama sekali.

Entah gaya atau ikut-ikutan yang jelas dengan menggunakan ban luar ukuran kecil akan mengundang maut, karena daya cengkram atau traksi ban kecil.

Jika ingin menggunakan ban luar lebih besar pun tidak dianjurkan untuk naik ukuran ban lebih besar, paling hanya satu tingkat.

Misalnya semula menggunakan ban ukuran 80/80-17 ingin naik menjadi 90/80-17. Ini masih dalam batas aman, jangan sampai naik atau turunnya ukuran ban mengakibatkan kecelakaan.

Untuk kode pada ban luar motor atau mobil bukan hanya luar, tinggi dan diameter saja, namun terdapat pula kode-kode lain yang harus dipahami.

Terus simak Galuh ID karena untuk kode pada ban luar motor maupun ban luar mobil akan kembali diulas pada kesempatan berikutnya, agar Anda tak salah memilih ukuran ban luar. (GaluhID/Ardiansyah)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA