Jumat, 6 Agustus 2021
Jumat, 6 Agustus 2021
BJB

Mencuci Kendaraan Sendiri, Tips Aman Bersihkan Noda Bandel

Mencuci kendaraan sendiri ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu selain mengisi waktu luang juga untuk mengetahui kondisi kendaraan kita.

Informasi lainnya yaitu bisa membuat cat kendaraan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, namun ini tergantung dari bahan pembersihnya.

Salah seorang ahli poles manual ternama di Ciamis menyampaikan alasannya harus mencuci kendaraan sendiri tidak mencuci pada jasa pencucian.

Baca Juga: 3 Motor Honda dengan Spesifikasi Oke yang Jarang Diketahui

Menurut Lili yang malang melintang pada dunia poles mobil memberikan saran serta tips bagi pemilik kendaraan agar cat tahan lama.

“Lebih baik mencuci kendaraan itu sendiri, apalagi jika nyuci tersebut menggunakan sabun yang tidak aman untuk cat,” jelas Lili.

Karena jika mencuci sendiri, tambah Lili, pemilik bisa mencari atau memilih jenis sabun yang aman dan tersedia banyak di pasaran.

Selain itu, pemilik juga dapat memilah atau memisahkan jenis sabun serta lap, saat akan mencuci kendaraan sendiri.

Permukaan yang kotor pada kendaraan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda saat membersihkannya, sehingga sabun dan lap harus berbeda.

Mencuci Kendaraan Sendiri Lebih Aman

Dengan cara sendiri bisa membuat cat aman, karena kita mengetahui permukaan mana yang harus ekstra saat membersihkan.

“Biasanya area bawah yang harus menggunakan sabun serta lap yang berbeda, bahkan jika noda membandel harus dengan bensin,” jelas Lili.

Namun Lili menegaskan jangan menggunakan sabun serta lap bekas area bawah untuk kaca atau permukaan yang tidak terlalu kotor.

Pasalnya selain sabun yang beda akan merusak cat, lap tersebut terdapat kotoran atau pasir yang akan membuat cat tergores.

Sehingga gunakan lap halus serta sabun khusus untuk mencuci area kaca dan juga permukaan bagian atas yang tidak terlalu kotor.

Selain itu, bisa mengetahui kerusakan pada kendaraan atau mengetahui lebih dini bagian yang harus mendapatkan penganganan.

Misalnya saat mencuci motor, jika mencuci sendiri kita kana mengetahui jika terdapat bagian yang kendur dan harus mendapatkan perbaikan.

Begitu juga saat mencuci mobil, yang lebih jelas akan mengetahui permukaan cat yang rusak atau mengetahui bagian yang keropos.

Kemudian selain itu juga, biasanya mencuci kendaraan sendiri setelah selesai kita akan memanaskan mesin sehingga akan mengetahui kerusakan ringan. (GaluhId/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
266PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan