oleh

Motor Awet dan Tidak Mudah Rusak, Coba Perhatikan Ini!

 
 

Motor awet dan tidak mudah rusak adalah dambaan setiap pengendara. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara agar motornya tidak mudah rusak.

Motor adalah kendaraan yang sering dipakai oleh banyak kalangan di Indonesia. Peran sepeda motor banyak sekali fungsinya dan menjadi kendaraan yang sangat berguna bagi pemiliknya.

Namun, terkadang pemilik sepeda motor tidak melakukan perawatan rutin sehingga motor yang dimilikinya gampang rusak dan mesinnya tidak awet.

Baca Juga: Ganti Peranti Ini, Motor Matic Yamaha X-Ride Tampil Beda

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, tentunya Anda harus melakukan beberapa tips yang merupakan kegiatan rutin yang penting supaya motor awet dan tidak mudah rusak. Simak informasinya untuk Anda berikut ini.

Selalu Isi Angin Secara Rutin

Hal penting yang sederhana pertama yang harus Anda lakukan supaya motor awet dan tidak mudah rusak adalah melakukan isi angin secara rutin.

Penyebabnya adalah karena dengan mengisi angin secara rutin maka ban motor Anda akan tidak mudah rusak, karena bila jarang diisi angin maka akan mempercepat perusakan yang diakibatkan pergesekan ban luar yang menggores ban dalam yang tidak mendapatkan tekanan angin yang cukup.

Dengan rutin mengisi angin ban motor Anda pun akan bermanfaat dan terhindar dari seringnya ban bocor di jalan.

Memanaskan Motor Setiap Akan Digunakan

Kegiatan rutin yang wajib dilakukan supaya motor tetap trengginas di bagian mesin adalah memanaskan motor setiap akan dipakai atau digunakan, biasanya waktu yang paling baik adalah di pagi hari.

Fungsinya adalah supaya bisa menaikkan oli dan melumasi setiap bagian dalam mesin sebelum bekerja.

Selain itu, sirkulasi oli yang baik dalam mesin sehingga mencapai stasioner sering terjadi ketika Anda rutin memanaskan motor setiap akan digunakan.

Jangan berlebihan juga memanaskan motor terlalu lama, cukup 2-5 menit saja karena bila lama-lama akan menghabiskan bensin motor Anda.

Mencuci Motor Secara Berkala

Ini adalah tips yang harus dilakukan secara rutin demi kebaikan bodi motor Anda. Walaupun musim hujan dan terasa percuma, mencuci motor adalah wajib hukumnya minimal dua bulan sekali karena terkadang bodi motor Anda ditempeli asam dan kotoran lain yang membuat bodi motor Anda menjadi gampang berjamur bahkan karatan.

Motor yang jarang dicuci pun akan tidak enak dipandang dan dibawa kemana-mana. Jika kendaraan Anda bersih maka Anda pun akan semakin merasa senang.

Mengecek Aki Motor

Rutinlah mengecek aki motor Anda karena ini adalah komponen penting dalam motor Anda.

Jika aki motor Anda bertipe basah maka isi air aki Anda ketika sudah sedikit. Sebaliknya bila aki motor Anda adalah jenis aki motor kering lakukan penyetruman di bengkel terdekat atau di toko aki terdekat.

Ganti Oli Motor Anda Secara Rutin

Nah, ini dia yang paling penting dan kegiatan yang sering diabaikan yaitu rajin mengganti oli motor secara rutin.

Manfaatnya adalah dengan mengganti oli secara rutin setiap 2000 km maka performa mesin dijamin akan dalam performa yang oke.

Selain itu, mesin motor Anda juga akan awet dan tidak mudah rusak serta mencegah mesin motor Anda harus turun mesin dalam enam bulan sekali.

Tentu Anda tidak mau kan mengeluarkan biaya lebih mahal untuk turun mesin setiap enam bulan sekali hanya karena Anda tidak rajin mengganti oli motor Anda secara rutin setiap 2000 km.

Itulah yang bisa Anda lakukan secara rutin supaya motor awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat. (GaluhID)

Loading...
loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA