Jumat, 17 September 2021
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Motoran di Musim Hujan? Perhatikan Beberapa Tips Penting Ini

Motoran di musim hujan menjadi kegiatan yang mau tidak mau dijalani sebagian orang dengan mobilitas yang cukup tinggi.

Pemotor pun pasti menyadari risiko yang lebih besar ketika berkendara di musim hujan, baik risiko karena medan jalan, kendaraan yang ditunggangi, kendaraan di sekitarnya maupun risiko lainnya.

Untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin terjadi ketika motoran di musim hujan, anda perlu menyimak beberapa tips penting dalam artikel ini.

Baca Juga: Begini Cara Modifikasi Motor RX-King Agar Melesat Kencang

Pastikan menyimak artikel ini hingga tuntas untuk memastikan kenyamanan dan juga kemanan ketika berkendara.

Tips Motoran di Musim Hujan

Perhatikan komponen dan tips motoran di musim hujan berikut ini:

Tekanan Udara Ban

Tekanan udara pada ban tentu menjadi faktor penting yang perlu anda perhatikan ketika akan motoran di musim hujan. Hal ini karena mengingat kondisi jalan yang basah atau tergenang oleh air hujan.

Pastikan anda telah melakukan penngecekan tekanan udara sesuai dengan standar terlebih dahulu sebelum berkendara. Hal ini akan membuat ban motor memiliki cengkraman yang baik dan juga mampu melewati medan jalan basah.

Alur Ban

Melakukan pengecekan pada alur ban pun tentu sangatlah penting karena bagian inilah yang langsung bersentuhan dengan aspal jalan. Apabila kondisi alur ban sudah aus, maka gantilah dengan ban yang baru.

Fungsi dari alur ban adalah sebagai saluran untuk mengalirkan air, sehingga ban akan lebih stabil ketika menghadapi jalanan yang berair.

Rem

Peran rem ketika berkendara tak perlu dipertanyakan lagi karena saking pentingnya. Di musim panas apalagi di musim penghujan. Pastikan rem motor tidak aus apalagi anda akan benar-benar membutuhkan rem ketika permukaan jalanan basah terkena air hujan.

Baca Juga: Ini Daftar Harga Motor Klasik yang Sedang Meroket, Bisa Jadi Investasi

Kecepatan Tempuh

Kecepatan tempuh sudah jelas harus diatur dengan cerdas, pastikan anda tidak tergesa-gesa, apalagi sampai ngebut di jalan.

Apalagi ketika awal turun hujan, pastikan anda tidak terbawa suasana untuk ngebut demi cepat sampai ke lokasi tujuan. Justru ketika awal turun hujan jalanan mulai basah dan lebih licin yang mungkin membuat kendaraan mudah tergelincir.

Apabila guyuran hujan sedang deras- derasnya, maka kurangilah kecepatan tempuh anda. Dengan hal ini pula anda akan lebih siaga terhadap lubang-lubang yang mungkin tidak terlihat karena genangan air hujan.

Pertahankan kecepatan dengan stabil dan lakukan gerakan lembut ketika motoran di musim hujan.

Jaga Jarak

Jarak yang paling penting untuk diperhatikan ketika motoran di musim hujan adalah dengan kendaraan roda empat di sekitarnya.

Hal ini karena bahwa antara mobil dan motor akan memiliki selisih kecepatan yang lumayan jauh. Meski hujan, mobil akan tetap bisa melaju dengan kecepatan tinggi karena memiliki ban lebih banyak dan lebih lebar hingga membuatnya stabil.

Jika mobil di sekitar anda sedang melaju dengan cepat maka sebaiknya anda segera menjaga jarak aman.

 Jas Hujan

Pemilihan jas hujan tentu sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan ketika motoran di musim hujan. Lebih baik tidak menggunakan jas hujan model kalong yang terbang kemana- mana ketika terkena angin.

Penggunaan jas hujan model kalong pun dikhawatirkan akan menyangkut pada kendaraan lain atau menghalagi jarak pandang pengendara lain yang bisa saja menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sebaiknya anda menggunakan jas hujan model celana yang lebih safety dan melindungi tubuh dari hujan.

Sepatu

Jangan lepas sepatu ketika motoran di musim hujan. Mungkin masih ada bebrapa pengendara yang lebih khawatir ketika sepatu kesayangannya tekena hujan, hingga mereka melepas sepatunya ketika berkendara.

Mengingat sekarang sedang musim hujan, maka anda sebaiknya menggunakan sepatu dengan alas karet yang tidak licin serta menutup semua permukaan kaki.

Itulah beberapa tips penting yang harus anda perhatikan ketika hendak motoran di musim hujan. Lebih baik menghindari dan mempersiapkan untuk meminimalkan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi ketika musim hujan. Pastikan anda tetap aman dan nyaman ketika berkendara. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan