Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Musyawarah RAPI Ciamis, Wabup Ajak Masyarakat Tetap Produktif

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra menghadiri acara musyawarah RAPI Ciamis (Radio Antar Penduduk Indonesia) lokal 01 dan lokal 05 periode tahun 2020 – 2024.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Desa Bojong Gedang Kecamatan Rancah, Minggu (06/09/2020).

Kegiatan Musyawarah RAPI dilaksanakan dalam rangka pergantian kepengurusan yang meliputi dua loKal, yakni lokal 01 Cisaga dan lokal 05 yakni Rancah.

Pergantian kepengurusan Radio Antar Penduduk Indonesia atau RAPI ini rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis mengatakan organisasi yang mulai berkembang sejak tahun 80an ini keberadaanya sangat berperan penting bagi masyarakat, khususnya masyarakat Ciamis.

Menurutnya, RAPI merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang memiliki solidaritas tinggi. Rapi juga telah banyak membantu program pemerintah, terutama terkait informasi Covid-19.

“Selain punyai solidaritas tinggi, RAPI juga telah banyak membantu program pemerintah, terutama terkait informasi Covid-19 kepada masyarakat,” ujar Yana.

RAPI Ciamis dan Pemkab Terjalin Hubungan Mutualisme

Lebih lanjut Wabup mengatakan, hubungan mutualisme dapat terjalin antara pemerintah kabupaten (pemkab) Ciamis dengan RAPI. Karena solidaritas sosial di tengah pandemi Covid-19 sangat penting.

Sebab, pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak terhadap masalah kesehatan. Tetapi juga telah berdampak ke berbagai sektor seperti perekonomian.

Meski demikian, masyarakat di Kabupaten Ciamis harus produktif. Namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.

Protokol kesehatan seperti pakai masker, physical distancing atau jaga jarak aman, serta cuci tangan dengan sabun harus tetap diperhatikan dan diterapkan di dalam aktivitas keseharian.

“Tak hanya berdampak bagi kesehatan. Covid-19 juga telah berdampak pada perekonomian. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap produktif meski di tengah pandemi. Dahulukan aman. Lalu produktif,” kata Yana.

Terahir, Wabup Ciamis pun berpesan kepada para pengurus RAPI agar bisa amanah, semakin maju dan eksis, serta bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat ciamis.

”Semoga kepengurusan RAPI bisa amanah. Semakin maju dan eksis. Bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Ciamis,” pungkas Yana D Putra. (GaluhID/Evi)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan