Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020
 
 

PA Ciamis Ditunjuk MA Sebagai Pilot Project Proses Cerai Online

Hubungi Kami

Ciamis, galuh.id– Mahkamah Agung menunjuk Pengadilan Agama Ciamis, Jawa Barat sebagai pilot project proses cerai online di Ciamis. Saat ini, Mahkamah Agung masih mengkaji proses regulasi perceraian secara online tersebut.

Drs. Ahmad Sanusi, SH. MH selaku humas Pengadilan Agama Ciamis, mengatakan, proses cerai online di Ciamis akan menjadi pilot project Mahkamah Agung, mengingat Pengadilan Agama Ciamis sudah beberapa kali melakukan terobosan inovasi secara digital.

“Alhamdulilah Pengadilan Agama Ciamis dipilih oleh Mahkamah Agung untuk pilot project peluncuran sistem cerai secara online,” ujarnya kepada Galuh ID, Rabu (28/8/2019).

Ke depan, kata dia, proses perceraian dimulai dari pendaftaran, pemberkasan hingga sidang dilakukan secara online, namun saat ini regulasinya sedang dalam proses di Mahkamah Agung.

“Jadi nanti masyarakat akan lebih mudah dalam proses pengajuan perceraian, bahkan sidang pun akan dilakuan secara oline, teknis sidangnya dilakukan dengan teleconference, sama seperti pernikahan online yang sudah diberlakukan saat ini dengan cara telekonference,” terangnya.

Ahmad menambahkan saat ini pihaknya baru melakukan tahap sosialisasi di lingkungan instansi agar sistem cerai online di Ciamis diketahui terlebih dahulu oleh semua pegawai Pengadilan Agama.

“Nantinya seluruh pegawai pengadilan tidak kebingungan dalam melaksakan proses pengaduan perkara perceraian secara online, targetnya di tahun 2020 sudah berjalan,” tuturnya.

Sistem perceraian secara online akan sangat membantu masyarakat dalam melakukan proses perceraian dan akan lebih efisien, terutama masalah waktu. Dalam hal ini Ahmad menyebut contoh wilayah Pangandaran dan sebagian wilayah Ciamis yang ada di perbatasan jaraknya cukup jauh dari Pengadilan Agama Ciamis.

“Proses perceraian secara online akan meringankan masyarakat, sebab tidak semua masyarakat dekat dengan kantor pengadilan agama, masyarakat Pangandaran dan Ciamis perbatasan ke sini pasti menggunakan biaya yang tidak sedikit, sehingga apabila sistem ini sudah berjalan akan sedikit meringankan benan masyarakat dalam hal biaya,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

PNS di Ciamis Positif Covid-19, 2 Kantor Instansi Ditutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh id - Dua PNS di Ciamis Positif Covid-19. PNS tersebut berasal dari dua instansi yang berbeda yakni Bappeda dan...

Pengusaha Muda Ciamis Salurkan 100 Lele Untuk Poktan Wanajaya

Berita Ciamis, galuh.id - Pengusaha muda Ciamis Arga Susyla Prayoga memberikan 100 lele untuk Kelompok Tani (Poktan) Wanajaya, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...

HP Poco M3 Kapan Rilis di Indonesia? Cek Dulu Harganya

HP Poco M3 sebagai produk penutup akhir tahun yang telah rilis secara global pada Selasa, 24 November 2020 secara online. perilisan melalui...

Diego Maradona Meninggal Dunia, Menimbulkan Kesedihan Mendalam Bagi Semua Orang

Diego Maradona Meninggal Dunia, Legenda sepakbola dari Argentina tersebut dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 November 2020 malam WIB.