Minggu, Mei 19, 2024

Padi Diserang Wereng, Petani di Banjarsari Ciamis Kompak Semprot Insektisida

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Tanaman padi diserang wereng, petani di blok Kedungori Dusun Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis Jawa Barat kompak semprot insektisida, Kamis (18/04/2024) pagi.

Munculnya hama wereng tentu membuat gelisah para petani, lantaran hama ini lebih berbahaya daripada hama-hama lainnya.

Jika tidak sedini mungkin mengatasi hama ini, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan puso atau gagal panen.

- Advertisement -

Adapun obat yang disemprotkan ke tanaman padi, berupa insektisida atau racun pengendali hama wereng.

Insektisida ini merupakan bantuan dari Pemkab Ciamis melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk petani secara cuma-cuma melalui BPP Banjarsari.

Penyemprotan racun wereng secara serentak oleh Kelompok Tani Sugih Mukti ini dengan dampingan pihak Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Banjarsari.

Kemudian, petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Banjarsari, dan dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) wilayah V Tasikmalaya.

Satuan Pelayanan BPTPH Wilayah V Tasikmalaya, Yus Wisman Ali, menyebut jenis hama yang berada di hamparan sawah Sugih Mukti yaitu Wereng Batang Coklat (WBC).

Jenis hama ini, jika tidak segera melakukan tindakan berupa penyemprotan insektisida, maka khawatir akan merusak tanaman padi.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Study Tour Sekolah Tidak Dilarang, Disdik Ciamis Ingatkan Asas Keamanan

Berita Ciamis, galuh.id - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis Jawa Barat, Erwan Darmawan menyatakan bahwa pihaknya tidak akan melarang...

Artikel Terkait