Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023
More

    Pangkalan Pramuka se-Ciamis Ikuti Diklat Kepembinaan

    Berita Ciamis, galuh.id – Pangkalan Pramuka di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ikuti diklat metodologi pembelajaran berbasis pendidikan kepramukaan selama 3 hari terhitung dari 29-31 Januari 2022.

    Kegiatan yang digelar oleh Kwarcab dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Dinas Pendidikan Ciamis itu berlangsung di Gedung STIKes Muhammadiyah Ciamis.

    Iklan

    Wakil Ketua Bidang Pramuka Dewasa Kwarcab Ciamis, Wawan S Ariefien, mengatakan kegiatan diklat tersebut merupakan upaya memberikan wawasan pada pembina terkait kepembinaan berbasis ekskul wajib di sekolah.

    Wawan menerangkan, konsep ekskul wajib pendidikan kepramukaan harus berlandaskan prinsip Permendikbud No. 63 tahun 2016.

    “Oleh sebab itu, metode pramuka dianggap bagus jika diadopsi oleh sistem pendidikan ekskul,” ujarnya, Minggu (30/1/2022).

    Sementara KKG/pelatih kepramukaan, Saripudin, menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan metodologi pembelajaran pendidikan kepramukaan.

    Iklan

    “Model-model kepramukaan itu ada 3. Yang pertama blok, kemudian kedua aktualisasi dan yang ketiga reguler,” jelas Saripudin.

    “Jika itu diterapkan maka akan menjadi suplemen dan menjadi konektivitas antara kurikuler dan ekstrakulikuler,” imbuhnya. (GaluhID/Tony)

    Editor : Evi

    Iklan

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

     
     

    TEMUKAN KAMI

    184,993FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    387PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan