Rabu, 26 Januari 2022
Rabu, 26 Januari 2022
More

    Pembenahan Sirkuit Mandalika, Jokowi Minta Infrastruktur dan Penghijauan Ditingkatkan

    Berita Otomotif, galuh.id – Pembenahan Sirkuit Mandalika akan selesai sebelum perhelatan ajang MotoGP Mandalika 2022 sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo saat kunjungannya di Nusa Tenggara Barat.

    Dalam kesempatan yang singkat itu, Presiden meminta kepada penyelenggara agar meningkatkan beberapa lokasi. Hal ini terutama jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika.

    Selain itu, Presiden Jokowi meminta agar moda transportasi disiapkan dengan baik. Mengingat 63.000 tiket yang akan dijual pada gelaran MotoGP Mandalika 2022.

    “Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor. Tetapi juga memberikan efek dan pertumbuhan ekonomi pada masyarakat,” ucap Presiden Joko Widodo dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (14/012022).

    Menanggapi hal tersebut, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto memastikan pembenahan Sirkuit Mandalika hampir selesai. Tinggal merampungkan beberapa titik tertentu.

    Menurut Hadi, pihaknya saat ini sedang berupaya mempercantik kondisi sekitar sirkuit. Seperti menata ulang rumah dan warung penduduk yang berada sepanjang jalan Kuta-Keruak.

    Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan penghijauan pada jalan bypass dari Bandara menuju Sunggung. Hal ini dengan menambahkan bunga-bunga berwarna merah dan bunga Bougenville.

    Menurutnya, semua area sekitar Sirkuit Mandalika harus terlihat rapi dan taman-taman tertata seperti permintaan Presiden Jokowi.

    “Pesan Presiden semuanya harus dilaksanakan secara terintegrasi untuk menata kawasan termasuk juga mempercepat pembangunan yang belum selesai. Karena tinggal 63 hari lagi kita melaksanakan MotoGP Mandalika 2020,” kata Hadi Tjahjanto melalui keterangan tertulis dari Kominfo yang diterima di Jakarta Jumat (14/1/2022) malam.

    Pembenahan Sirkuit Mandalika Untuk Persiapan MotoGP

    Tidak hanya berfokus pada Infrastruktur. Urusan transportasi darat, udara, dan laut mengalami peningkatkan dibandingkan sebelumnya.

    Khusus untuk laut, saat ini ada berbagai pintu masuk yang pengunjung bisa gunakan seperti Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, maupun Pelabuhan Bangsal.

    Terkait kejadian penonton yang membludak pada World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021. Hadi mengupayakan agar fasilitas hotel dan penginapan bertambah.

    Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan asosiasi pemilik kapal phinisi untuk membuat hotel terapung di Pelabuhan Lembar.

    Hadi menjelaskan saat ini sudah ada 700 phinisi yang masing-masing memiliki lima kamar sehingga seluruh kamar yang ada berjumlah 3.500 kamar.

    Selain memperbaiki area sekitar Sirkuit Mandalika. Hadi juga membenahi integrasi pembuangan air antara saluran dalam dan luar sirkuit agar kejadian genangan air pada World Superbike 2021 terulang kembali.

    “Berita-berita yang kemarin itu viral, sirkuitnya banjir, kami antisipasi,” kata hadi.

    Pihaknya membangun drainase dalam tiga tier meliputi area paddock, lintasan sirkuit, dan area penonton.

    Nantinya, drainase akan terhubung dari jalan penghubung sirkuit yakni dari bandara ke Mandalika dan berakhir di pinggir laut.

    Hadi berharap dengan pembenahan Sirkuit Mandalika, pihak yang berkepentingan di area tersebut dapat dapat lalu lalang dengan lancar. (GaluhID/Hega)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    322PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan