Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Pemotor Jangan Bosan Tekan Tombol Ini, Jika Lupa Akibatnya Fatal

Lampu sein motor sangat penting untuk diperhatikan pengendara. Jika diabaikan, dalam sepersekian detik kecelakaan bisa saja terjadi.

Sepele namun bisa berakibat fatal untuk pemotor itu sendiri atau pengguna jalan lain, maka dari itu jangan sungkan untuk tekan tombol ini pada motor.

Sering terjadi insiden kecelakaan karena salah paham yang diakibatkan piranti lalu lintas pada motor yang tidak sesuai dengan laju motor tersebut.

Misalnya indikator lampu belok atau lampu sein motor atau righting menyala bagian kiri, namun pemotor berbelok ke arah kanan.

Hal ini yang mengakibatkan bingung pengendara jalan yang ada di belakang atau pun dari lawan arah, hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan.

Sering dijumpai kecelakaan yang diakibatkan tidak sesuainya lampu sein dengan laju arah motor, sehingga kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

Sering pula dijumpai pengendara lain marah ketika lampu sein terus menyala tetapi laju motor tetap lurus, ini akan membingungkan.

Nah untuk menghindari hal tersebut, jangan sungkan untuk menekan tombol lampu sein berkali kali karena kadang pengendara lupa.

Terlebih motor yang indikator pada panel speedometernya tidak nampak sekilas, atau lampu sein tidak terlihat sehingga pemotor tidak mengetahui apakah lampu sein menyala atau tidak.

Tombol Lampu Sein Motor

Motor sekarang tombol lampu seinnya setelah diaktifkan akan kembali ke tengah, sehingga pemotor merasa lampu sein sudah mati.

Untuk memastikannya tekan berulang-ulang, terlebih jika terdapat pengendara di belakang yang membunyikan klakson segera tekan tombol tersebut, karena bisa jadi pengendara yang di belakang bingung.

Tekan tombol sein secara rutin sebelum membingungkan pengendara lain, bahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan.

Kecelakaan fatal bisa terjadi dari hal yang sepele, salah satunya pemotor lupa mematikan lampu sein atau tidak sesuai antara lampu sign dengan arah laju motor.

Berbeda dengan motor lawas, pertama peranti untuk mengaktifkan lampu sein dengan metode geser dan tidak kembali ke tengah jika tidak dilakukan dengan manual.

Sehingga dengan meraba, pemotor tahu jika lampu sein aktif dan akan mematikan lampu sein dengan menggeser agar posisi tombol atau saklar berada di tengah.

Kedua, motor lawas terdapat peranti yang mengeluarkan suara saat lampu sein aktif sehingga pemotor akan mematikan lampu sein jika tidak diperlukan.

Jadi jangan bosan tekan tombol lampu sein yah, untuk menghindari kecelakaan atau menghindari cacian dari pengendara lainnya, tetap santun dan menghargai pengguna jalan lain. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Hey Ridwan Saidi, Terima Kasih Atas Celotehanmu!

Hey Ridwan Saidi, Terima Kasih Atas Celotehanmu! Opini, galuh.id - Kala Ciamis mendapatkan kegaduhan, ia seperti remaja labil...

Dilantik Herdiat, Ini Daftar Nama Pejabat di Lingkungan Pemkab Ciamis

Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melantik 16 Aparatur Sipil Negara (ASN) ke dalam jabatan Tinggi Pratama lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Terkait Satpam Berjenggot, Kepala KPPP Ciamis Diminta Pindah

Ciamis, galuh.id- Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Peduli Islam mendatangi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ciamis, Selasa (2/7/2019). Kedatangan puluhan massa tersebut...

Kawasen Football League Seri-1, SSB Onom Galuh Puncaki Klasemen

Banjarsari, galuh.id - Kompetisi Kawasen Football League U-14 (KFL) 2019 seri-1 dilaksanakan pada Minggu, 27 Oktober 2019 di Lapang Desa Karangpaningal, Kecamatan...

3 Tips Membentuk Perut Sixpack dengan Baik dan Benar

Gaya hidup, galuh.id - Bagi sebagian besar pria mungkin tampilan perut yang indah dan sixpack atau berbentuk adalah impian yang sulit diwujudkan. Bagaimana tidak,...