Jumat, April 19, 2024

Perbedaan SIUP dan NIB, Ini Penjelasan DPMPTSP Ciamis

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis, galuh.id – Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) memiliki sejumlah perbedaan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis menegaskan, kedua dokumen tersebut penting dalam legalitas usaha.

“Salah satu perbedaannya, NIB itu diterbitkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Pembuatannya secara online lewat situs OSS. Sementara SIUP itu diterbitkan oleh Dinas Perdaganan setempat,” jelas Kepala DPMPTSP Ciamis, Rudi, SE, Jumat (22/3/2024).

Perbedaan lainnya antara NIB dan SIUP, menurut Rudi, NIB digunakan untuk keperluaan perizinan dan pendataan Tingkat nasional.

- Advertisement -

“Dokumen NIB ini melibatkan proses pendaftaran usaha dan penanaman modal,” katanya.

Baca Juga: DPMPTSP Ciamis Gelar Forum Perangkat Daerah, Tahun 2025 Bangun Mall Pelayanan Publik

Sementara SIUP, lanjut Rudi, khusus untuk usaha di sektor perdagangan, penerbitnya pun Dinas Perdagangan setempat.

“SIUP Ini berbeda dengan NIB yang harus dimiliki setiap pengusaha, bukan hanya yang bergerak di sektor perdagangan saja,” jelasnya.

Rudi menegaskan, NIB dan SIUP memiliki peran penting dalam dunia usaha. NIB bersifat nasional dan berkaitan erat dengan penanaman modal. Sementara SIUP sifatnya regional dan berkaitan dengan perdagangan di satu daerah.

“Dua-duanya sama pentingnya dan harus dipahami oleh para pengusaha, terutama UMKM,” katanya.

DPMPTSP Ciamis sendiri, kata Rudi, melayani pembuatan NIB secara gratis. Masyarakat yang akan membuat NIB bisa mendatangi gerai pelayanan DPMPTSP Ciamis.

“Semua prosesnya gratis tanpa dipungut biaya. Memang bisa dilakukan mandiri, karena pembuatan NIB ini online ya. Tetapi jika ada warga kesulitan dalam membuat NIB secara  online, bisa datang ke DPMPTSP Ciamis,” katanya.

Rudi menambahkan, ada petugas yang akan membantu Masyarakat Ciamis dalam pembuatan NIB di DPMPTSP Ciamis.

“Selain itu biasanya kami juga membuka gerai pelayanan di beberapa kecamatan secara berkala,” tutupnya. (GaluhID)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Asosiasi Guru Honorer Jabar Tuntut Formasi ASN Guru Bahasa Sunda

Berita Jabar, galuh.id - Asosiasi guru honorer Provinsi Jawa Barat (Jabar) menuntut kebijakan terkait formasi ASN untuk guru Bahasa...

Artikel Terkait