Rabu, 29 September 2021
Rabu, 29 September 2021

PKBM Galuh Hidayah Ciamis Gelar Webinar

Berita Ciamis, galuh.id – PKBM Galuh Hidayah Ciamis gelar webinar Peningkatana Kompetensi Guru berbasis STEAM yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Ciamis, Rabu (12/8/2020).

Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Galuh Hidayah, Ius Yusmiati menyampaikan maksud dan tujuan dilaksankan webinar tersebut.

Webinar tersebut menurut Ius bertujuan untuk mengenalkan pendidikan dimasa depan, mengingat dalam menghadapi revolusi industry 4.0 pembelajaran dengan berbasis teknologi.

“Gelaran ini karena dalam revolusi industry 4.0, pembelajaran kebanyakan dilaksanakan berbasi teknologi, sehingga guru diharapkan mampu menerapkan pembelajaran,” jelas Ius.

Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran pada semua jenjang dengan mengikuti arah perkembangan kemajuan dunia sehingga bisa bersaing dengan negara lainnya.

Science Technology Engineering Art Mathemactic (STEAM) merupakan solusi dari tantangan pendidikan pada era globalisasi yang mengedepankan pasar bebas.

Sehingga menurut Ius, manusia di dunia bisa bersaing berdasarkan kompetensi yang dimilikinya, begitu juga dengan Indonesia agar dapat bersaing.

“Webinar pendidikan ini pertama kali diadakan di Indonesia, agar Indonesia ke depannya mampu bersaing dengan negara lain,” jelas Ius.

Selain itu, menurut Ius webinar tersebut sejalan dengan visi dan misi menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Webinar PKBM Galuh Hidayah Ciamis Berikan Solusi

PKBM Galuh Hidayah Ciamis menggelar webinar sebagai jawaban dari proses pergeseran budaya belajar menuju pola pembelajaran modern.

Sehingga yang menjadi narasumber pun merupakan ahli dan praktisi pembelajaran STEAM dari Jakarta seperti praktisi pendidikan STEAM Erwin Octavia.

Ada juga praktitisi trainer pendidikan STEAM tingkat dasar Rachel Gabriela, dan trainer pendidikan STEAM tingkat tinggi Mikael Timotius.

Kurikulum STEAM di dalamnya terdapat pembelajaran dimana siswa harus berperan aktif serta mampu menyelesaikan masalah dengan pola kolaborasi dan elaborasi.

Pola kolaborasi dan elaborasi tersebut adalah dimana siswa harus dapat memadukan berbagai metoda pembelajaran, sehingga keaktifan peserta sangat diperlukan.

Sehingga menurut Ius, kurikulum pembelajaran STEAM tersebut dapat diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam kebijakan pelaksanaan pendidikan.

“PKBM Galuh Hidayah Ciamis gelar webinar ini karena, kurukulum pembelajaran STEAM dapat diterapkan dalam kebijakan pelaksanaan pendidikan di Ciamis,” pungkasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
279PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan