Selasa, 11 Mei 2021
Selasa, 11 Mei 2021
BJB

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut berperan aktif dalam memutus mata rantai COVID-19.

Hal itu disampaikan Wabup Ciamis Yana saat membuka kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Ciamis secara virtual, Jumat (25/09/2020).

“Hari ini kita belum aman dari COVID-19. Kondisi lebih berbahaya dibanding sebelumnya. Pemerintah telah mencanangkan AKB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Ia mengajak kepada seluruh kader PKK se-Kabupaten Ciamis untuk ikut berperan aktif mensosialisasikan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun.

Yana berharap pelayanan PKK bisa dilakukan, baik di perumahan maupun permukiman. Sehingga keluarga sehat dan sejahtera bisa betul-betul terlahir di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ciamis Kania Ernawati Herdiat mengatakan, di masa pandemi berbagai permasalahan bermunculan.

Seperti masalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, meningkatnya angka kekerasan dalam rumah tangga, meningkatnya angka kehamilan.

PKK Ciamis Perlu Ada Kesatuan Gerak Stakeholder

Kemudian kasus stunting yang cukup tinggi, serta pelayanan posyandu yang tidak berjalan sebagaimana biasanya. Untuk itu, diperlukan adanya kesatuan gerak dari berbagai stakeholder.

“Sehingga akan terwujud kesamaan persepsi dan langkah dalam menghadapi berbagai persoalan di masyarakat. Khususnya di lingkungan keluarga,” ucapnya.

Sebagai mitra kerja dari berbagai dinas yang ada, gerakan PKK Ciamis turut menjadi bagian dari suatu langkah bersama guna mewujudkan keluarga berkualitas.

Hal tersebut merupakan peran strategis PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Dengan perencanaan sehat melalui Bangga Kencana dan penerapan hidup sehat melalui lingkungan bersih dan sehat serta PHBS dan Posyandu. Kita akan upayakan secara optimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” terang Kania.

Menurutnya, jejaring dalam struktur gerakan PKK yang mengakar hingga ke kelompok Dasawisma pun mempermudah dalam mengakselerasi program-program yang ada.

Kania pun mengajak kepada seluruh pihak untuk bekerja sama secara terencana, terpadu dan terarah. Agar tercipta kesatuan gerak harmonis guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,630FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya