Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Polisi Tangkap Perambah Hutan Milik Perhutani di Tasikmalaya

Hubungi Kami

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Polisi berhasil menangkap seorang warga perambah hutan di lahan hutan milik Perhutani KPH Tasikmalaya. Pelaku menebang puluhan kayu di lahan tersebut.

Rohyan (47), ditangkap saat melakukan pencurian kayu di kawasan hutan Perhutani Petak 52 a Blok Cikupa, Desa Pameutingan, Kecamatan Cipatujah.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno mengatakan, penangkapan ini berawal saat petugas Perhutani melihat kendaraan pick up yang sedang membawa kayu.

”Pihak Perhutani lalu berkoordinasi dengan kami. Kemudian bersama-sama melakukan penegakan hukum di TKP,” kata Hario, saat rilis di Polres Tasikmalaya, Selasa (13/10/2020).

Selain pelaku, polisi juga mengamankan 56 batang kayu mahoni, 3 batang kayu rimba, 1 mesin gergaji, dan 2 unit mobil jenis pick up.

Atas kejadian tersebut, kerugian yang dialami Perhutani KPH Tasikmalaya ditaksir mencapai Rp 97 juta rupiah.

Di hadapan Polisi, pelaku Rohyan mengaku hendak membuka lahan di kawasan Perhutani untuk ditanami palawija.

Sementara kayu yang dipotong, rencananya akan dijual untuk membeli tanaman cengkih.

Perambah Hutan di Tasikmalaya Beraksi Sendiri

Pelaku mengaku sendirian menebang pohon di kawasan hutan milik Perhutani. Rencananya, kayu hasil curian tersebut akan dijual dan dibelikan bibit pohon cengkih.

“Saya sengaja buka lahan di lahan perhutani. Ambil kayunya dijual untuk beli bibit cengkih. Bibit itu akan ditanam di lahan,” kata Rohyan.

Namun, ia tertangkap duluan oleh petugas sebelum berhasil menjual kayu-kayu hasil curiannya.

Pelaku dijerat pasal 82 ayat (1) huruf C jo pasal 12 huruf C Undang-undang No 18 tahun 2013. Tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

”Ancaman pidana penjara minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun. Kemudian denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar,” ujar AKP Hario.

Dampak Perambahan Hutan

Sementara itu, Kepala ADM Perhutani KPH Tasikmalaya Benni Suko Tri Atmoko mengapresiasi kinerja Polres Tasikmalaya yang berhasil mengungkap kasus ini.

“Terima kasih atas kerja samanya. Kami apresiasi kinerja aparat yang dengan cepat menangani tindak pidana pencurian kayu ini,” paparnya.

Perambahan hutan ini kerap jadi penyebab longsor dan banjir bandang. Apalagi saat ini Kabupaten Tasikmalaya dilanda banjir dan longsor.

“Pencurian kayu ini bisa berdampak terhadap lingkungan. Seperti yang kita rasakan sekarang banyak bencana banjir dan longsor. Akibat adanya kerusakan di kawasan hutan,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Budidaya Ganja Rumahan di Tasikmalaya Berhasil Diungkap BNN

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Aktivitas budidaya ganja rumahan di Tasikmalaya berhasil diungkap BNN (Badan Narkotika Nasional), Selasa (20/10/2020). Puluhan pohon ganja diamankan...

Pacaran di Tepi Pantai, Pasangan Kekasih di Tasikmalaya Dirampas Motornya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Sepasang kekasih di Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, menjadi korban pencurian dengan kekerasan (curas) saat tengah asik pacaran di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Skutik Roda 3 Kymco Hadir dengan Fitur Serba Canggih

Skutik roda 3 Kymco hadir dengan tampilan yang unik dan berbeda dari produk- produk sebelumnya. Skutik roda 3 ini pun semakin menarik...

Kelebihan iPhone 12 Mini dengan Body Ramping, Ini Spesifikasinya!

Kelebihan iPhone 12 Mini menarik perhatian. iPhone 12 mini kini mulai unjuk gigi di pasaran tahun 2020. iPhone memang selalu menjadi trendsetter...

Profil Shoumaya Tazkiyyah, Pemain Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah

Profil Shoumaya Tazkiyyah kini ramai jadi perbincangan. Ia adalah salah satu aktris yang berperan dalam sinetron berjudul Bawang Putih Berkulit Merah.

Login www.pln.co.id, Klaim Listrik Gratis Desember 2020

PLN masih mengadakan stimulus dengan bentuk token bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA. Untuk itu segera login www.pln.co.id untuk dapatkan...

KLHK Dorong Pemda Bangun Pengelolaan Limbah Medis, Ini Respon DPRKPLH Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mendorong pemda membangun tempat pengelolaan limbah medis atau Bahan Berbahaya dan...