oleh

Promosikan Hockey Ciamis, Bupati Cup se-Pulau Jawa Digelar di Ciamis

 
 

Ciamis, galuh.id – Hockey Ciamis saat ini memang belum dikenal oleh masyarakat, namun banyak prestasi yang ditorehkan oleh atlet Hockey Ciamis di kancah regional, Jawa Barat bahkan nasional.

Hal tersebut menjadi motivasi digelarnya turnamen hockey dengan memperebutkan piala Bupati Ciamis, mulai tanggal 13-15 September 2019 di Gedung Gelanggang Galuh Taruna. Dengan turnamen ini diharapkan cabor hockey lebih dikenal lebih luas oleh masyarakat Kabupaten Ciamis.

Peserta yang mengikuti Turnamen Hockey Bupati Cup berasal dari kabupaten-kabupaten se-Pulau Jawa, yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Kebumen, Kabupeten Gresik, Tangerang, Bekasi dan Kota Banjar usia U-14 dan U-18.

Erwan Dermawan, Ketua Umum Cabang Olahraga Hockey Kabupaten Ciamis, mengatakan, turnamen ini merupakan ajang promosi Hockey Ciamis yang belum dikenal luas, padahal saat ini atlet hockey di Ciamis dari berbagai kalangan usia ada 205 atlet.

“Dari total atlet itu ada yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di kancah nasional, walaupun dengan keterbatasan fasilitas tempat latihan, tapi kita berusaha untuk terus berprestasi demi mengharumkan nama Ciamis yang kami cintai,” ujar Erwan dalam sambutan pembukaan Turnamen Hockey Bupati Cup di GGT, Jumat (13/9/2019).

Turnamen ini, kata Erwan, akan dijadikan agenda tahunan supaya ke depan Hockey semakin dikenal dan banyak diminati oleh msyarakat terutama di kalangan pelajar.

“Kami akan berusaha bekerjasama dengan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan, IGORA, dan pihak sekolah agar olahraga hockey dimasukan ke dalam ekstakulikuler sekolah,” tuturnya.

Erwan pun menyampaikan, saat ini ada atlet hockey Ciamis mewakili Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Tahun 2020, diantaranya Asti Agustin, Enin Nurmaedah, Dini Islami dan Ismi. Bahkan ada yang mengikuti Pelatnas Hockey yang dipersiapkan di Ajang Sea Games atas nama Fajar.

“Kebanggaan bagi kami, ternyata dengan segala keterbatasan ini, atlet hockey Ciamis bisa berprestasi dan mudah-mudahan ke depan semakin bertambah,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengatakan, dirinya akan lebih fokus pada peningkatan fasilitas olahraga yang dapat menunjang prestasi atlet hockey.

Menurutnya, mendidik atlet supaya berprestasi itu tidak instan. Harus ada program yang terstruktur. Sehingga ke depan, Ciamis mempunyai duta atlet hockey di tingkat provinsi maupun nasional.

“Sekarang lebih fokus memperbaiki sarana dan prasarana olahraga. Semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Karena mencetak atlet ini tidak instan, harus terstruktur dan terprogram,” katanya.

Herdiat mengungkapkan, Kabupaten Ciamis akan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (porprov) Jawa Barat pada tahun 2022. Pihaknya menargetkan cabang olahraga hockey masuk 10 besar di ajang tersebut.

“Ciamis ini harus masuk ke 10 besar di ajang Porprov mendatang. Maka agar tercapai, harus lebih fokus dan dipersiapkan dengan baik,” ucapnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA