Selasa, 2 Maret 2021
Selasa, 2 Maret 2021
 
 

Puncak Kasus Covid-19 di Ciamis Diprediksi Akhir September 2020

Berita Ciamis, galuh.id – Satgas COVID-19 Ciamis memprediksi bulan September 2020 ini mulai memasuki puncak kasus Covid-19 di Ciamis. Hal itu ditandai adanya temuan kasus setiap hari yang signifikan.

Juru bicara Satgas COVID-19 Ciamis dr Bayu Yudiawan mengatakan, sejak tanggal 15 September hingga sekarang, pihaknya setiap hari menemukan kasus baru.

Prediksi di akhir September ini, kasus Covid-19 di kabupaten Ciamis mulai memasuki puncaknya. Bahkan saat ini telah ditemukan kasus penularan lokal.

Seperti temuan 6 orang kasus baru, 3 diantaranya dari kontak tracing keluarga. Dua orang dari hasil tes swab massal, dan 1 orang pelaku perjalanan dari Bekasi yang memiliki gejala.

Jumlah kasus Covid-19 di Ciamis hingga saat ini mencapai 58 orang. Dua orang diantaranya meninggal dunia, 35 orang sembuh, sisanya isolasi mandiri dan dirawat.

“Memang ada kenaikan. Tapi dibanding daerah lain saat ini Ciamis masih terkendali,” ungkap Bayu, Senin (21/9/2020).

Puncak Kasus Covid-19 di Ciamis Dikepung Zona Oranye

Lebih lanjut Bayu menjelaskan bahwa Ciamis masih di zona kuning. Namun dengan kondisi saat ini, Ciamis dikepung beberapa daerah yang zona oranye.

Sehingga ancaman penambahan kasus Covid-19 di Ciamis diprediksi akan terus meningkat, baik secara kuantitas maupun intensitas.

Sebelumnya temuan kasus positif Corona di Ciamis ditemukan dalam rentang waktu seminggu atau dua minggu. Tes masif juga mempengaruhi intensitas temuan kasus terkonfirmasi positif.

“Ingat, sekarang itu masih belum puncak. Tapi akhir September adalah baru memasuki puncak,” tegas Bayu.

Maka dari itu, masyarakat Ciamis diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M saat beraktivitas di luar ruangan yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Termasuk juga untuk kantor, kata Bayu, harus tersedia ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara.

Diduga Ada Kaitan dengan MTQ Subang

Sementara untuk kasus PNS bagian Kesra yang tekonfirmasi positif Corona, Satgas COVID-19 Ciamis menduga ada kaitannya dengan MTQ Subang beberapa waktu lalu.

Pasalnya, pasien positif Corona PNS Kesra tersebut mengalami gejala setelah mengikuti MTQ Subang.

Bayu mengatakan ada beberapa orang yang memiliki gejala dalam satu rombongan tersebut setelah dilakukan tracking kontak.

”Sekitar 5-6 orang setelah pulang dari Subang. Tapi kita belum bisa memastikannya. Saat ini hasil swab testnya belum keluar,” ucapnya. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Puluhan Pegawai PT PILN di Ciamis Mengadu ke Disnaker, Tak Digaji 6 Bulan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 44 pegawai PT PILN (Pemeriksa Instalasi Listrik Nasional) mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis, Senin (1/3/2021). Kedatangan mereka bermaksud...

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

Temukan Kami

47,923FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya