Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya!

Masalah rambut bercabang seringkali dialami oleh wanita, terutama yang memanjangkan rambutnya. Beberapa wanita memang merasa lebih cantik ketika rambut panjang, namun jika tidak dirawat, ujung rambut menjadi rusak.

Kerusakan pada rambut bisa dipicu oleh berbagai hal. Baik itu salah memilih shampo, paparan sinar matahari, atau penggunaan hair tool yang tidak tepat. Agar kondisi rambut tidak bertambah parah, yuk kenali tanda-tanda rambut bercabang!

Baca Juga: Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan Alami, Shampoo, dan Produk Lainnya

Cara Mengenali Rambut Bercabang

Sebelum membeli produk perawatan rambut, penting untuk mengenali kondisi rambut kita terlebih dulu. Jika Anda mengalami hal-hal ini maka kemungkinan rambut harus segera diberi pertolongan.

Ujung Rambut

Rambut bercabang bisa dikenali ketika kita memperhatikan bagian ujung. Biasanya ujung rambut cenderung kering, kusam, terbagi menjadi dua atau lebih. Kondisi rambut yang seperti ini lebih mudah kusut.

Solusi paling cepat yaitu memotong bagian ujung. Tetapi, jika tidak menghilangkan kebiasan-kebiasaan buruk, maka masalah ini akan terulang kembali.

Kulit Kepala Berminyak

Beberapa orang yang memiliki masalah rambut bercabang juga sering mengalami dilema kulit kepala berminyak. Kondisi kulit kepala yang berminyak rentan mengundang ketombe dan rasa gatal, serta membuat rambut mudah lepek bagi wanita berhijab.

Kalau sudah mengalami dilema seperti ini, memilih shampoo anti lepek bisa jadi solusi tetapi tidak akan menyelesaikan masalah pada ujung rambut yang rusak.

Gunakan Conditioner

Menggunakan conditioner dapat membantu mengatasi masalah pada rambut, setidaknya mencegah bertambah parah. Gunakan conditioner setiap kali selesai keramas, maka rambut akan menjadi lebih halus dan tidak kusut.

Utamakan conditioner yang dikhususkan untuk rambut rusak. Biasanya shampoo dan conditioner yang mengandung keratin dan argan oil bisa memperbaiki masalah pada rambut.

Hati-hati dengan Hair Dryer

Setelah keramas, orang biasanya menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut. Namun, penggunaan hair dryer yang tidak tepat bisa memicu kerusakan pada rambut bercabang.

Setel hair dryer pada level panas sedang, keringkan pada bagian pangkal rambut terlebih dulu. Sisanya biarkan bagian ujung kering secara alami.

Namun, ketika sedang terburu-buru orang menyetel hair dryer pada level panas tinggi agar cepat kering. Kebiasaan ini tidak baik bagi rambut karena menyebabkan rambut cepat rusak dan bercabang. Biasakan mandi dan keramas secara terjadwal agar bisa mendapat waktu cukup untuk rambut kering secara alami.

Tambah Minyak Rambut

Masalah rambut bercabang juga diatasi dengan minyak rambut atau hair oil. Produk yang tersedia di pasaran biasanya mengandung argan oil atas castor oil untuk mengatasi rambut yang kering dan bercabang.

Beri hair oil secara rutin pada bagian ujung rambut agar rambut yang telah dipotong tidak bercabang lagi di kemudian hari. Penggunaan hair oil juga bisa menjadi proteksi pada panas saat menggunakan alat styling.

Hindari Alat Styling Sementara Waktu

Jika masalah rambut bercabang tidak kunjung hilang, tandanya Anda harus menghindari alat-alat styling sementara waktu. Beberapa di antaranya adalah catokan pelurus, catokan pengeriting, dan sisir listrik.

Minta hair stylist di salon untuk tidak menggunakan alat-alat tersebut jika tujuan Anda datang adalah untuk melakukan perawatan saja. Beberapa perawatan di salon yang bisa Anda coba yaitu creambath dan hair mask.

Menggunakan ekstrak lidah buaya juga bisa dilakukan di rumah. Ketika Anda punya waktu senggang, oleskan lidah buaya sebagai masker rambut. Biarkan selama lima menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Jika masalah rambut tak juga hilang, Anda bisa meminta rekomendasi produk dari hair stylist. Biasanya produk yang bagus tidak selalu mahal, tetapi produk yang murah juga belum tentu semuanya bagus. Menemukan review yang tepat sebelum membeli produk dapat menjadi pertimbangan. (GaluhID/Elsa)

Loading...

Artikel Terkait

Badak Lampung FC akan Beruji Coba dengan Putrad Lampung Timur

Info Liga 2, galuh.id - Badak Lampung FC rencananya akan menggelar pertandingan uji coba melawan klub lokal, Putrad Lampung Timur setelah bertanding...

Pengajuan Anggaran Tertunda, PPKMI Audiensi dengan Bupati Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan audiensi dengan pengurus Perkumpulan Pendidik dan Kependidikan Madrasah Indonesia (PPKMI) di ruang Opp...

Subsidi Gaji Tahap 3 Cair Pekan Ini, Ini Kata Menaker

Subsidi gaji tahap 3 akan cair pekan ini setelah beberapa kali ditunda pencairannya karena terdapat proses yang harus diselesaikan.

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...