oleh

Ridwan Kamil Imbau Warga Jabar Tidak Panik Beli Masker

Hubungi
 
 

Ridwan Kamil Imbau Warga Jabar Tidak Panik Beli Masker

Berita Jabar, galuh.id – Menyusul kabar dua warga Depok yang teridentifikasi positif terpapar virus COVID-19, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh warga Jabar untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Kang Emil, sapaan akrabnya, memberikan beberapa tips kepada seluruh warga Jabar agar terhindar dari terjangkitnya virus corona. Salah satunya, selalu menjaga daya tahan tubuh.

Loading...

“Jaga kesehatan dan kebugaran, perkuat imunitas tubuh agar virus makin mudah untuk dilawan,” ujarnya, di Kota Depok, Senin (2/3/20).

Selain itu, Kang Emil juga meminta agar masyarakat tidak panik membeli masker di tengah mencuatnya kabar dua warga Depok yang positif terpapar virus corona.

Merujuk pada pernyataan Menteri Kesehatan RI, masker hanya untuk orang yang sedang sakit. Dirinya pun mengimbau agar warga yang sehat tidak perlu panik membeli masker.

Fenomena ini membuat sejumlah warga berbondong bondong memborong masker. Keterbatasan jumlah masker yang dijual di pasaran membuat harga masker pun kian melambung tinggi.

Dikhawatirkannya, kebutuhan masker bagi orang sakit yang memerlukan penggunaan masker, menjadi tidak tercukupi lantaran habis diborong orang-orang yang sehat yang tidak memerlukan masker.

“Saya imbau warga Depok agar tidak panik beli masker, beri kesempatan kepada mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Guna mengamankan stok masker di Kota Depok, pemerintah Daerah Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar memberi bantuan 10 ribu masker kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Bantuan masker tersebut, kata Kang Emil, untuk disalurkan kembali ke sejumlah layanan kesehatan yang berada di Kota Depok.

“10 ribu masker ini kami titipkan ke Pak Wali Kota untuk disimpan di titik-titik layanan kesehatan,” katanya.

Ridwan Kamil Akan Tindak Tegas Oknum yang Memanfaatkan Isu COVID-19

Selain itu, Kang Emil pun menegaskan pihaknya akan menindak tegas oknum-oknum yang memanfaatkan isu COVID-19 dengan menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi.

“Kalau ditemukan adanya oknum yang menimbun dengan profit motifnya itu, tolong untuk ditindak,” tegasnya.

Kang Emil juga mengimbau warga Jabar untuk tidak panik dalam membeli sembako. Terlebih membeli sembako yang tidak perlu. Sebab, dikatakannya, suplai dan permintaan sembako di Jabar masih normal.

“Suplai dan demand sembako kita normal-normal saja. Jangan panik oleh pemberitaan yang membuat panic buying,” tandasnya.

Berikut Nomor Hotline COVID19 Dinas Kesehatan Provinsi Jabar: 08112093306 (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA