oleh

Sapi Limosin Mendominasi Penjualan Hewan Kurban di Ciamis

 
 

Ciamis, galuh.id – Jelang Idul Adha 2019, sapi jenis limosin mendominasi penjualan hewan kurban di Kabupaten Ciamis. Dibandingkan jenis sapi lainnya, sapi limosin di Ciamis banyak dicari pembeli.

“Kebanyakan di Ciamis untuk sapi kurban yang paling banyak dicari jenis limosin, dibandingkan sapi jenis bali, brahman, madura, dan masih ada lagi yang lainnya. Sebab sapi limosin postur tubuhnya paling bagus dari sapi lainnya,” kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Otong Bustomi, Jum’at (2/8/2019).

Otong menjelaskan, stok hewan kurban di Ciamis ada di titik aman. Kebutuhan hewan kurban di Ciamis mencapai 6.500 ekor. Terdiri dari 3.000 ekor sapi, 2.000 ekor domba dan 1.500 ekor kambing.

“Dari data tahun lalu, kami sudah pendataan di beberapa peternak dan penjual hewan kurban di wilayah Ciamis. Dipastikan aman terpenuhi, persediaan juga masih banyak,” jelasnya.

Sementara penyediaan hewan kurban khususnya sapi di Ciamis, semua didatangkan dari luar daerah. Sebab populasi sapi di Ciamis sekitar 11.000 ekor, dalam satu tahun menghasilkan 600 ekor sapi. Sedangkan kebutuhan daging setiap hari di Ciamis mencapai 15 ekor atau masih tergolong rendah.

“Sapi dikirim dari Jawa Timur, Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang sebelumnya melalui proses penggemukan oleh peternak,” paparnya. (Galuh.id/Dede)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA