Selasa, Februari 27, 2024

Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dimulai di Mesir

Baca Juga
- Advertisement -

Sejarah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW haruslah Anda ketahui sebagai seorang muslim yang baik. Hal ini karena nabi Muhammad SAW merupakan contoh yang sempurna bagi seluruh umat terutama muslim.

Memang masih banyak perdebatan dalam memperingati Maulid Nabi. Namun hal yang tidak bisa diperdebatkan adalah akhlak dari nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan yang baik.

Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori yang artinya Nabi SAW bersabda, “Aku diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak”. Nah bisa dilihat dari sana juga bahwa nabi Muhammad adalah sebagai figur yang sempurna bagi seluruh umat.

Baca Juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW, Awal Mula Perayaan Maulid Nabi

Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimulai sejak zaman Daulah Fathimiyah Syiah di Mesir. Peringatan ini diperkirakan ada sejak tahun 4H karena zaman Daulah Fathimiyah ada di periode tahun 4 Hijriyah.

Namun para ahli lainnya ada yang memberikan pendapat yang berbeda tentang siapa yang pertama kali memperingati Maulid Nabi.

Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ibn Khallikan, Sibth Ibn Al-Jauzi, Ibn Kathir, Al-Hafizh Al-Sakhawi, Al-Hafizh Al-Suyuthi menyetujui bahwa orang yang pertama mengadakan peringatan maulid Nabi adalah Sultan Al-Muzhaffar.

Dilihat dari jumlah mengenai siapa sejarah Maulid nabi yang mulai pertama kali adalah sultan Al-Muzhaffar. Jadi memang nabi Muhammad tidak merayakan Maulid ini namun ada dari para sahabat dan umatnya yang merayakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Stefano Lilipaly Gacor Gol dan Assist di Liga 1, STY Kepincut?

Galuh.id- Performa Stefano Lilipaly dalam mencetak gol dan memberikan assist oleh semakin gacor dalam tiga pertandingan terakhir Borneo FC...

Artikel Terkait