Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Sejarah Sepak Bola Indonesia di Piala Dunia U-20

Hubungi Kami

Berita Olahraga, galuh.id – Sejarah sepak bola Indonesia di Piala Dunia U-20 dikutip dari situs FIFA pertama kalinya digelar di Tunisia pada tahun 1977.

Sebelumnya kompetisi ini bernama Piala Dunia Pemuda FIFA (FIFA World Youth Championship), kemudian berganti nama menjadi Piala Dunia U-20 (FIFA U-20 World Cup).

Sejarah sepak bola Indonesia mencatat ada enam belas negara yang mengikuti kompetisi tersebut. Dari Asia mengirimkan dua wakilnya, yaitu Iran dan Irak.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia akan Diguyur Anggaran Rp 600 Milyar

Pada gelaran perdana itu, tim Uni Soviet menjadi negara pertama yang menjuarainya. Setelah pada partai final mengalahkan Mexico melalui drama adu penalti.

Sejarah sepak bola Indonesia Pernah Tampil di Piala Dunia U-20 1979

Ajang Piala Dunia U-20 yang digelar tiap 2 tahun ini merupakan ajang bagi para pemandu bakat klub-klub besar Eropa untuk mencari talenta muda.

Para pemandu bakat ini memonitor tim- tim peserta merupakan negara yang lolos dari hasil kualifikasi di konfederasi masing-masing.

Indonesia juga pernah tampil untuk pertama kalinya di Piala Dunia U-20 pada tahun 1979 tergabung di grup B bersama Argentina, Polandia dan Yugoslavia.

Jepang ditunjuk sebagai tuan rumah untuk yang pertama kalinya dari negara Asia di Piala Dunia U-20 di tahun tersebut.

Namun sayangnya, Indonesia tak mampu berbicara banyak pada turnamen tersebut dan hanya menjadi bulan-bulanan oleh ketiga negara tersebut.

Sejarah sepak bola Indonesia mencatatkan, pada laga kontra Argentina yang waktu itu diperkuat mega bintang Diego Maradona kalah telak 5-0.

Tapi dikutip dari harian kompas yang terbit pada 27 Agustus 1979, meskipun timnas Indonesia kalah telak namun dari segi permainan tidak mengecewakan bahkan menghibur penonton.

Pada pertandingan kedua melawan Polandia pun berakhir dengan kekalahan telak, Indonesia harus takluk dengan skor 6-0.

Selanjutnya pada pertandingan ketiga kembali timnas Indonesia menelan kekalahan telak saat berlaga melawan Yugoslavia dengan skor 5-0.

Dengan tiga kekalahan yang dialami oleh timnas, mereka harus puas menjadi tim juru kunci. Meski tak bisa berbuat banyak, namun hal ini tercatat dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Indonesia Tampil di Piala Dunia U-20 1979 Sebagai Negara Pengganti

Mengutip dari detikcom, tampilnya timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 1979 adalah sebagai negara pengganti, setelah Irak tereliminasi tanpa alasan yang jelas.

Dalam sejarah sepak bola, penyelenggaraan Piala Dunia 1979 FIFA enggan menyebutkan alasan tidak tampilnya Irak pada turnamen tersebut.

FIFA hanya menyebutkan bahwa satu di antara Indonesia atau Korea Utara yang akan diajak tampil di Piala Dunia U-20 itu untuk melengkapi satu kuota tersisa.

Kemudian mereka memilih Indonesia ketimbang Korea Utara. Karena menilai pembinaan sepak bola di tanah air baik dan rapi.

Dari keputusan itu Indonesia pun tampil di Piala Dunia, di bawah asuhan pelatih Soetjipto ‘Gareng’ Soentoro dengan para pemainnya seperti Bambang Nurdiansyah, Subangkit dan Mundari Karya.

Trivia Sejarah Sepak Bola Piala Dunia U-20

Dari sejak pertama digelar. Indonesia merupakan negara dari Asia ketujuh yang mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.

Sejarah sepak bola Indonesia mencatat. Sebelumnya juga ada negara yang pernah ditunjuk adalah Korea Selatan (2017), Uni Emirat Arab (2003), dan Malaysia (1997).

Kemudian juga tak ketinggalan Jepang (1979), Arab Saudi (1989) dan terakhir adalah Qatar di tahun 1995.

Argentina merupakan pemegang rekor terbanyak menjadi juara dengan 6 trofi kemudian disusul Brasil mengoleksi 5 gelar.

Margin kemenangan terbesar dalam satu pertandingan diraih oleh Norwegia. Negara yang berasal dari Skandinavia itu menang 12-0 atas Honduras pada Piala Dunia U-20 2019.

Erling Haaland menjadi pemain tersebut pada laga tersebut, striker yang sekarang membela klub Borussia Dortmund itu mencetak 9 gol.

Ukraina menjadi juara terakhir pada Piala Dunia U-20 2019 yang digelar di Polandia. Pada partai final, mereka mengalahkan wakil Asia Korea Selatan.

Alumni pemain dari Piala Dunia U-20 ini banyak yang menjadi pemain tersohor dan melegenda seperti, Maradona, Paul Pogba. Selain itu juga ada Sergio Aguero, Emmanuel Petit, Luis Figo hingga Lionel Messi.

Itulah sekilas sejarah sepak bola Indonesia dan Piala Dunia U-20. (GaluhID/Dhi)

Loading...

Artikel Terkait

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...

Liverpool Menang 1-0 Atas Ajax, The Reds Kantongi Tiket 16 Besar Liga Champions

Liverpool menang 1-0 atas Ajax dalam matcday ke 5. Dengan begitu, The Reds pastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Klub papan atas asal...

Temukan Kami

48,332FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...

Kelebihan HP Oppo Reno5 Lengkap dengan Fiturnya, Simak Harganya!

Kelebihan HP Oppo Reno5 berada pada kategori kelas mid-range yang tentu saja Anda layak untuk membelinya. Bahkan seri ini memiliki harga penjualan sekitar Rp 5 jutaan...

Sinopsis Bus 657 (The Heist), Perjuangan Ayah Merampok Demi Anak

Sinopsis Bus 657 atau The Heist yang tayang malam ini pada acara Bioskop Trans TV, 4 Desember 2020 pukul 21.30 WIB. Film ini termasuk dalam...

Noken Papua, Simbol Warisan Dunia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Noken Papua muncul sebagai ikon pada Google Doodle hari ini, Jumat 4 Desember 2020. Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Indonesia. Noken sendiri...