Selasa, Mei 21, 2024

Selamat! Desa Selamanik Ciamis Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kemenparekraf

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kamis (6/4/2023).

Desa Selamanik jadi salah satu desa dari 75 desa di Indonesia yang mendapat Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Menteri Pariswisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) H. Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan langsung penghargaan tersebut di Desa Selamanik kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

- Advertisement -

Ia bersama rombongan disambut meriah oleh masyarakat Desa Selamanik dengan cara menampilkan pertunjukan seni khas Ciamis.

Sandiaga Salahuddin Uno menerangkan, Desa Wisata Selamanik berpotensi dalam usaha ketahanan pangan dilihat dari banyaknya hasil pertanian di wilayah tersebut.

“Kelihatannya Desa Selamanik ini memiliki peluang untuk mengambil beberapa usaha-usaha yang berkaitan dengan ketahanan pangan,” katanya.

Bantuan Kementerian untuk Desa Wisata Selamanik

Sandiaga menambahkan, usaha yang akan didorong oleh kementerian untuk Desa Wisata Selamanik yaitu kelengkapan Homestay.

Mengingat terdapat 3 dari 75 Homestay yang dinilai telah lengkap. Desa Wisata tersebut ditargetkan pada tahun 2024 mendatang berdampak pada lapangan pekerjaan di sektor pariwisata sebanyak 4,4 juta lapangan pekerjaan.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, saat ini sebanyak 46 desa yang telah dibuatkan Surat Keputusan (SK) menjadi Desa Wisata di Ciamis.

“Ada 46 Desa yang sudah dibuatkan SK menjadi desa wisata di Kabupaten Ciamis. Mudah-mudahan dapat diikuti pula oleh desa-desa yang lainnya di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Herdiat menambahkan, Desa Wisata Selamanik mendapatkan anugerah sebagai desa wisata terbaik karena kolaborasi dan kerjasama dengan semua pihak terkait. Dimulai dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten yang saling bekerjasama dengan baik.

Herdiat juga meminta Menparekraf membantu perhotelan di Ciamis. Karena sampai saat ini di kabupaten Ciamis belum memiliki hotel bintang 5.

“Di Ciamis sudah banyak event dilaksnakan baik event dalam negeri maupun luar negeri. Sayangnya kita tidak punyak hotel bintang 5 kebanyakan hotel-hotel melati,” ucap Herdiat.

Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Selamanik beserta rombongan dan didampingi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Kejari Ciamis, Dandim 0613, Kepala Dinas Parawisata, Jajaran Forkopimda, serta para pimpinan OPD terkait. (GaluhID/Resa)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Pemkab Ciamis Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis Jawa Barat mengukir keberhasilan lagi dengan mencapai Opini WTP (Wajar Tanpa...

Artikel Terkait