Monday, 14 June 2021
Monday, 14 June 2021
BJB

Tak Patuh Aturan, Bakal Calon Kepala Daerah di Jabar Disorot Kemendagri

spot_img

Berita Jabar, galuh.id – Beberapa pasangan bakal calon kepala daerah di Jabar yang akan mengikuti perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 disorot Kemendagri.

Pasalnya, pasangan bakal calon kepala daerah tersebut menciptakan kerumunan dalam kegiatannya.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jabar Ridwan Kamil pun meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam Pilkada di Jabar untuk menaati protokol kesehatan.

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya menerima surat teguran dari Kemendagri untuk beberapa kepala daerah dan wakil kepala daerah yang menjadi bakal calon pasangan dalam Pilkada Serentak 2020.

Sebab, beberapa pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jabar telah menciptakan kerumunan dalam kegiatannya.

Ia pun menyesalkan bakal calon pasangan kepala daerah di Jawa Barat tidak mampu mengendalikan pendukungnya yang beramai-ramai dan melanggar protokol kesehatan serta aturan.

“Sehingga saya menerima surat teguran dari Kemedagri. Sebagai perwakilan pusat di daerah. Untuk beberapa pasangan bakal calon kepala daerah yang melanggar. Beberapa pihak sudah saya telepon,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar, Selasa (8/9/2020).

Bakal Calon Kepala Daerah di Jabar Diimbau Kondisikan Pendukung

Menurut Kang Emil, menurut laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, ada sekitar 30 bakal calon pasangan kepala daerah yang terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada bakal calon pasangan kepala daerah di Jawa Barat untuk mengondisikan pendukungnya supaya tidak terjadi penularan Covid-19.

‚ÄĚDari awal saya agak khawatir Pilkada Desember dari sisi epidemiologi. Tapi karena sudah diputuskan, maka saya akan dukung dengan memastikan semua berjalan dengan baik. Jadi jangan sampai Pilkada serentak 2020 malah jadi klaster baru dalam situasi ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, bakal calon pasangan kepala daerah dapat memanfaatkan masa kampanye dengan membagikan alat kesehatan ke masyarakat. Hal itu sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kang Emil meminta KPU Daerah Jabar untuk menyampaikan kepada bakal calon pasangan kepala daerah agar memaksimalkan kampanye dengan membagikan alat kesehatan.

“Saya minta KPU Daerah Jabar untuk menyampaikan kepada bakal calon pasangan agar memaksimalkan kampanyenya dengan membagikan alat kesehatan,” pungkas Gubernur Jabar. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan