oleh

Unik, Tempat Wisata di Ciamis Ini Dibuat dari Hasil Perelek Warga

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Di Ciamis, tempat wisata Situ Arjan dibuat dari hasil udunan atau perelek warga yang dikumpulkan setiap seminggu sekali.

Tempat wisata tersebut terletak di RW 08 Dusun Timbangwindu, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijieungjing, Kabupaten Ciamis. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Ciamis.

Loading...

Warga RW 08 berinisiatif membuat tempat wisata dengan cara mengambil uang perelek atau udunan warga yang biasanya digunakan untuk biaya kematian.

Salain itu, uangnya biasa digunakan untuk perawatan jalan dan pemeliharaan masjid. Namun hanya 20% dari total pendapatan perelek warga digunakan untuk pembangunan tempat wisata.

“Untuk besaran udunan dari warga tersebut sebesar Rp 2.500 atau beras sebanyak seperempat kilo. Tapi hanya 20% dari total pengumpulan udunan warga dialokasikan untuk pembuatan tempat wisata,” ujar Dede Rukmana pengelola wisata Situ Arjan kepada GaluhID, Kamis (23/1/2020).

Dede mengatakan awalnya ide pembuatan wisata ini tercetus saat mengikuti kegiatan Agustusan tahun 2019. Saat itu masyarakat berdiskusi dan keluarlah ide membuat tempat wisata.

“Alhamdulillah masyarakat mendukung dalam pembuatan tempat wisata ini, sejak bulan Agustus lalu sampai saat ini sudah menghabiskan sekitar 50 juta hasil dari udunan warga,” ucapnya.

Bahkan, kata Dede ada fasilitas untuk arena bermain anak. Dananya berasal dari investor dengan perjanjian investor mendapat pendapatan dari tempat wisata tersebut sesuai persentase yang disepakati.

“Sudah 6 bulan kami berusaha membangun tempat wisata ini dengan modal seadanya, alhamdulilah walaupun belum dibuka pengunjung banyak yang datang,” tuturnya.

Pihaknya akan membuka wisata ini jika fasilitas penunjang sudah tersedia semuanya.

“Alhamdulilah ada juga pengunjung yang datang, lumayan uangnya untuk meneruskan penambahan fasilitas wisata,” katanya.

Dede menjelaskan dengan adanya tempat wisata ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Nanti kan kalau sudah dibuka otomatis banyak pengunjung dan nanti masyarakat di sini bisa berdagang untuk menyediakan kebutuhan pengunjung,” katanya.

Fasilitas Wisata di Ciamis ini Cukup Menunjang

Hasil dari pantauan Galuh ID, tempat wisata Situ Arjan terletak di pertemuan antara sungai Cileueur dengan selokan Cijantung.

Sungai tersebut menurut pengelola bisa digunakan untuk wahana bermain air dan body rafting menggunakan ban yang sudah disediakan pengelola.

Fasilitas lainnya terdapat saung gazebo untuk makan bersama, tempat selfie, playing fox, tempat bermain anak, dan rencananya ke depan akan dibuat kolam renang.

Sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat liburan akhir pekan bersama keluarga atau rekan kerja. (GaluhID/Arul)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA