oleh

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Umat Islam Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

 
 

Semakin gencarnya pemberitaan wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia, membuat sejumlah masyarakat panik dan mengalami kecemasan berlebihan.

Kecemasan berlebihan membuat mental semakin lemah. Kekhawatiran akan penyakit yang disebabkan dari virus ini memunculkan problem psikis yang tak bisa diremehkan.

Bukannya menjadi sehat, perasaan cemas yang berlebihan malah akan membuat tubuh kita jadi betulan sakit.

Kecemasan berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh dengan imunitas rendah lebih mudah terserang penyakit atau tertular virus.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengelola stres dengan baik supaya daya tahan tubuh kita dapat terjaga dan sehat.

Mengutip dari laman Republika, khususnya bagi umat Islam, ada beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang Dilakukan Rasulullah

Terlebih, cara-cara ini adalah yang dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam dan diridhoi oleh Allah SWT, yang patut untuk kita tiru.

Ada tiga cara yang biasa dilakukan Rasulullah di awal pagi hari untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menenangkan hati.

Tiga cara untuk meningkatkan imunitas tubuh di awal pagi, diantaranya Qiyamul Lail, Tilawah Alquran, dan Shalat Subuh.

Pertama, lakukan Qiyamul Lail meski 2 rakaat atau paling tidak 10 menit sebelum subuh.

Qiyamul Lail adalah ibadah yang dilaksanakan pada malam hari. Di dalamnya ada saalat sunah, membaca Al-Qur’an dan ibadah lainnya.

Selaras dengan firman Allah SWT dalam surah al-Muzammil ayat 6, “Inna nasyiatal lail hiya asyaddu wath’an”. (Sungguh bangun malam itu lebih kuat untuk diri dan jiwa manusia).

Kekuatan diri ini adalah imunitas yang bisa didapatkan dengan cara melakukan Qiyamul Lail.

Kedua, adalah membaca kitab suci Al-Qur’an pada saat melakukan Qiyamul Lail. Sebagaimana dalam surah al-Muzammil ayat 4, “Wa rattilil qur’aana tartila”, (Dan bacalah Alquran dengan perlahan-lahan –saat qiyamul lail).

Hasil Riset Klinik Besar Florida, Amerika Serikat

Dr Ahmed Al-Qadhi di sebuah Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, melakukan sebuah riset dan berhasil membuktikan besarnya dampak psikologis dari membaca dan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an.

Riset tersebut membuktikan, dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an dapat menurunkan depresi, kesedihan, meningkatkan ketenangan jiwa.

Dari hasil riset disimpulkan bahwa bacaan Al-Qur’an berpengaruh besar pada dampak psikologis seseorang, dapat melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Penemuan dr Ahmed Al-Qadhi ini bukan satu-satunya. Hal yang sama juga dibuktikan oleh Muhammad Salim yang dipublikasikan oleh Universitas Boston.

Baik dr Ahmed Al-Qadhi mauoun Muhammad Salim membuktikan, membaca Al-Qur’an dapat menimbulkan vibrasi yang mampu membuat sel-sel rusak di tubuh manusia jadi sembuh dan bisa kembali berfungsi dengan baik.

Hal ini selaras dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al-Isra ayat 82 , “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

Sementara cara ketiga untuk meningkatkan imunitas di awal pagi lainnya adalah dengan melaksanakan shalat Subuh.

Dalam hadis riwayat Muslim disampaikan, Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah.” 

Shalat Subuh akan membuat diri kita dijamin oleh Allah. Dijamin rezekinya, dijamin keselamatannya. Juga insya Allah dijamin keselamatannya dari wabah virus Corona. 

Demikian tiga cara yang dapat kita lakukan untuk membuat imunitas atau daya tahan tubuh kita semakin meningkat.

Yuk bersama kita amalkan dan bagikan agar kita semua, khususnya umat Islam, terhindar dari wabah Corona. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA