Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Tim gabungan Polres Tasikmalaya Bagikan Masker Gratis Tangkal Virus Corona

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Tim gabungan Polres Tasikmalaya bersama TNI dari Kodim 0612, Pemkab, serta sejuah relawan, menggelar aksi bersih bersih dan sosialisasi pencegahan virus corona, di terminal Singaparna, Sabtu (14/3/2020) pagi.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Tasikmalaya melalui terminal bus Antar Kota Antar Provinsi.

Selain mengajak masyarakat dan penumpang di Terminal Singaparna untuk menjaga kebersihan dan hidup bersih, petugas juga sosialisasikan tata cara cuci tangan yang benar dan baik.

Menangkal Virus Corona Dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

Wakapolres Tasikmalaya, Kompol Rita Suwadi mengatakan, cara efektif untuk menangkal tertularnya virus corona adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, membiasakan hidup bersih dengan mencuci tangan dengan benar pun menjadi salah satu cara pencegahan dari penularan virus corona.

“Biasakan cuci tangan dalam aktifitas sehari-hari, selain untuk kebersihan, juga supaya terhindar dari penyakit,” ujar Rita.

Tak hanya itu, petugas kepolisian bersama Dinas Kesehatan Tasikmalaya juga membagikan masker gratis kepada penumpang bus dan sopir tujuan Jakarta, Bekasi dan Bandung.

Penumpang yang diketahui sakit langsung diperintahkan menggunakan masker. Sementara yang sehat diminta menyimpan masker untuk jaga jaga.

Saat pembagian masker, petugas banyak menemukan penumpang yang belum paham cara menggunakan masker dengan benar.

Rita mengatakan, masih banyak ditemukan penumpang yang salah dalam menggunakan masker. Mereka memasang masker dengan terbolak balik.

“Ya kita kasih tahu pada mereka gimana cara gunakan masker yang benar,” tutur Rita.

Kondektur Bus Karunia Bakti Jurusan Singaparna-Kampung Rambutan Jakarta, Andar (35), mengatakan, merebaknya kabar wabah Corona berdampak terhadap penumpang.

“Dampaknya, penumpang jadi banyak yang pakai masker lantaran was-was terjangkit corona,” ungkap Andar.

Sementara Endang (43), salah satu penumpang bus asal Desa Cikunir Kecamatan Singaparna, mengaku khawatir saat hendak berpergian ke luar kota.

“Khawatir sih, tapi ya kita waspada saja dengan menggunakan masker saat bepergian memakai kendaraan umum,” tukas Endang.

Tidak hanya untuk mencegah penyebaran virus corona, kegiatan bersih-bersih petugas di terminal Singaparna itu juga untuk mencegah timbulnya penyakit DBD di musim penghujan ini.

Rita mengaku, pihaknya sudah melaksanakan fogging atau pengasapan ke kompleks asrama polisi. Selain itu juga ke rumah warga di sekitarnya sebagai langkah antisipasi penyebaran DBD.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan sosial ini, kata Rita, sebagai langkah pencegahan dini berkaitan dengan mewabahnya virus Corona atau Covid-19 yang melanda banyak negara, termasuk Indonesia.

Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Masih Kurang

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya kebersihan dimulai dari diri sendiri. Salah satunya mencuci tangan setiap akan melakukan aktifitas sehari-hari, termasuk cara memasang masker dengan baik dan benar. 

Kabag Ops Polres Tasikmalaya AKP Cucu Juhana, mengimbau masyarakat yang hendak berpergian ke luar kota menggunakan kendaraan umum, agar menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin sebarkan virus kebaikan pada masyarakat,” kata Cucu.

Sementara itu, Camat Singaparna Kusnanto, menyambut baik kegiatan sosial yang dilakukan oleh tim gabungan Polres, TNI, pemkab dan sejumlah relawan Tasikmalaya.

“Apresisasi sekali, ini kegiatan yang sangat positif. Masyarakat diajak memahami pentingnya kesehatan berawal dari kebersihan,” tutur Kusnanto.

Kusnanto pun menegaskan jika di wilayah Kecamatan Singaparna masih aman dari ancaman virus corona. Karena belum ada temuan kasus warga di wilayahnya yang terjangkit virus Corona. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Klub Trail di Tasikmalaya Adakan Latihan Bersama Adventure

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Klub trail di Tasikmalaya menyelenggarakan Latihan Bersama (Latber) adventure dalam rangka menghadapi gelaran adventure resmi Oktober 2020 mendatang.

Pungli di Jalan, 39 Preman di Tasikmalaya Dibekuk Polisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Sebanyak 39 orang preman di Tasikmalaya dibekuk polisi karena dianggap meresahkan warga. Para preman ini diduga kerap meminta...

Cucu di Tasikmalaya Cekik Nenek Kandungnya Hingga Meninggal

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Seorang cucu di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, tega mencekik mati nenek kandungnya sendiri pada 21 September 2019 lalu.

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.