Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

Tingkatkan Pelayanan, DPMPTSP Ciamis Siap Gunakan TTE Untuk Perizinan

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis siap untuk menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam dokumen perizinan.

Penerapan TTE untuk perizinan di Ciamis ini pun mendapat dukungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

BSSN RI melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) telah melakukan pembahasan terkait perjanjian kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik (E-Signature/TTE) dengan Pemkab Ciamis.

Pembahasan perjanjian kerja sama tersebut berlangsung secara virtual melalui zoom meeting di Aula Kominfo Ciamis, Senin (23/11/2020).

Hasil pertemuan itu menyepakati untuk melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Tanda Tangan Elektronik pada hari Rabu tanggal 25 November 2020.

Dari pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis, Assisten Bidang Pemerintahan menandatangani perjanjian kerja sama. Sementara dari pihak BSrE penandatanganan oleh Kepala BSSN.

Setelah penandatanganan kerja sama, maka harus ada tindak lanjut dengan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh Dinas Kominfo.

Kadis DPMPTSP Kabupaten Ciamis Rudi SE mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk mengaplikasikan Tanda Tangan Elektronik atau TTE dalam dokumen perizinan.

”Menjamin keaslian dokumen perizinan dengan adanya TTE ini,” kata Rudi.

Dokumen Perizinan yang Menggunakan TTE Punya Kekuatan Hukum

Suatu dokumen hasil dari transaksi elektronik memerlukan autentikasi atau keabsahan. Jika tanpa adanya autentikasi, tentu dokumen itu sama seperti dokumen-dokumen biasa lainnya.

Untuk dokumen yang ingin mendapatkan sertifikasi keabsahan, harus melalui instansi resmi yang ditunjuk oleh pemerintah. Salah satunya adalah BSSN dan BSrE.

Maka, dengan sertifikasi melalui badan resmi milik pemerintah, dipastikan dokumen yang sudah menggunakan Tanda Tangan Elektronik memiliki kekuatan di mata hukum.

”Dokumen yang sudah menggunakan TTE punya kekuatan dan akibat hukum yang sah,” jelas Rudi.

Keunggulan penggunaan TTE ini antara lain memudahkan setiap orang, instansi pemerintah dan swasta dalam transaksi elektronik.

Rudi pun berharap dengan adanya pemberlakuan TTE, pelayanan terkait perizinan kepada masyarakat akan lebih aman, efisien dan cepat.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan Ika Damaiswara. Kemudian Plt Kadis Kominfo dan jajarannya, Sekdin DPMPTSP, serta Kasubag kerja sama Setda Ciamis. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Warga Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan 15 Juta

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp 15 juta bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Bantuan...

Satgas Covid-19 di Ciamis Menyebutkan Disiplin Memakai Masker Meningkat

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 di Ciamis saat melakukan operasi protocol kesehatan menyebutkan terjadi peningkatan penggunaan masker, terbukti dengan menurunnya pelanggar. Kasi Dalops Polisi...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya