Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Transportasi Dibuka Tapi Mudik Tak Boleh, Rachland Kritik Jokowi Begini

Berita Nasional, galuh.id – Kebijakan pemerintah mengijinkan moda transportasi beroperasi kembali namun masyarakat tetap mudik tak boleh di tengah pandemi Corona, menuai banyak kritikan.

Salah satunya dari politikus Demokrat, Rachland Nashidik. Dia melontarkan kritik pedas terkait kebijakan pemerintah tersebut yang dinilainya sebagai sebuah kebijakan ganjil.

Dia bahkan mengibaratkan kebijakan tersebut layaknya aturan untuk seseorang yang diperbolehkan duduk di kloset, tapi tak boleh buang air. Sebagaimana dilansir dari Suara.

“Pak Jokowi, transportasi boleh tapi mudik tidak itu sama ganjilnya dengan boleh nongkrong di kloset tapi dilarang berak,” tulis Rachland, dalam cuitan akun twitternya, Selasa (19/5/2020).

Moda Transportasi Umum Diperbolehkan Beroperasi

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kemenhub, memperbolehkan semua moda transportasi umum untuk beroperasi kembali mulai Kamis (7/4/2020).

Kemenhub mengeluarkan aturan turunan yang memberikan relaksasi kepada masyarakat untuk bepergian menggunakan transportasi umum.

Kendati demikian, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Indonesia Budi Setiyadi mengatakan, kembali beroperasinya moda transportasi, tidak boleh untuk mudik.

“Semua moda transportasi, pesawat dan segala macam kembali beroperasi mulai 7 Mei, tapi tak boleh untuk mudik,” kata Budi, Rabu (6/5/2020) lalu.

Dia pun menegaskan, meski semua moda transportasi umum beroperasi kembali, namun kegiatan mudik tetap dilarang.

Pihaknya juga sudah membuat Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Darat. Dimana didalamnya membahas tentang aturan jumlah kendaraan yang diperbolehkan lewat, selama pandemi Covid-19.

Dia menjelaskan, dalam satu kendaraan, hanya boleh mengangkut 50 persen dari kapasitas kendaraan tersebut.

“Hanya beberapa kendaraan saja yang boleh lewat. Kapasitas dalam satu kendaraan tak boleh lebih dari 50 persen,” ujar Dirjen Budi, di keterangan tertulisnya, Sabtu (9/5/2020).

Budi menambahkan, pihaknya juga telah mempersiapkan Surat Edaran yang mengatur penyelenggaraan transportasi darat. Sesuai Peraturan Menteri No 18 Tahun 2020.

Dimana di dalam Peraturan Menteri No 18 Tahun 2020 itu, mengatur tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 .

Selain itu, SE yang dipersiapkan Kemenhub untuk mengatur penyelenggaraan transportasi darat itu juga mengacu pada Peraturan Menteri No 25 Tahun 2020.

Peraturan Menteri No 25 Tahun 2020 ini mengatur tentang pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 H. Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Sinopsis Film Annabelle, Boneka Pembawa Malapetaka

Sinopsis film Annabelle terinspirasi dari boneka nyata yang diyakini berhantu. Film Annabelle merupakan bagian dari waralaba film The Conjuring, yang sama-sama menampilkan...

Harga Redmi 9A Hanya 1 Jutaan, Spesifikasi Unggul

Harga Redmi 9A menjadi salah satu pertanyaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki HP terbaru dari Xiaomi ini. HP Xiaomi Redmi 9A...

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...