Jumat, April 12, 2024

UMKM di Ciamis Diimbau Miliki NIB, Apa Sih Keuntungannya?

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis, galuh.id – Pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat diimbau miliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Lantas apa keuntungan NIB bagi pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis?

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis, Rudi, S.E mengatakan, pelaku UMKM yang sudah memiliki NIB akan menikmati berbagai kemudahan.

“Pemilik NIB nantinya bisa dengan mudah untuk mengakses perizinan lainnya. Ini penting bagi pelaku UMKM,” katanya, Senin (26/2/2024).

- Advertisement -

Keuntungan selanjutnya, kata Rudi, pelaku UMKM yang sudah memiliki NIB akan mendapat kemudahan dalam pendanaan.

“Dalam hal pendanaan juga biasanya diminta NIB, dengan sudah memiliki NIB akan lebih mudah mendapatkan pendanaan. Biasanya apabila UMKM mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) akan mendapat suku bunga rendah,” jelasnya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat NIB Online untuk Warga Ciamis, DPMPTSP: Bisa Dilakukan Mandiri

Langkah awal untuk membuat NIB adalah mendaftar di sistem OSS (Online Single Submission). Sehingga pelaku UMKM yang sudah memiliki NIB otomatis tercatat di pemerintah pusat.

“Pelaku UMKM yang memiliki NIB tercatat di pemerintah pusat. Ini akan mempermudah dinas terkait memberi pelatihan dan pembinaan, misalnya pembinaan keterampilan usaha sesuai sektor usaha dan domisilinya,” katanya.

Pelaku UMKM di Ciamis Diimbau Miliki NIB, DPMPTSP: Prosesnya Mudah

Rudi menjelaskan, proses membuat NIB sendiri sangat mudah. Pelaku UMKM bisa melakukannya secara mandiri, karena sistemnya online.

“Paling lama butuh waktu 30 menit, tergantung sinyal internet ya. Bisa dilakukan sendiri. Tapi, kami juga menyediakan layanan NIB keliling. Termasuk juga untuk warga Ciamis yang akan membuat NIB, bisa datang ke kantor DPMTSP. Nanti ada petugas yang membantu. Komitmen kami membantu para pelaku usaha dalam memperoleh NIB maupun perizinan lainnya dengan mudah,” katanya.

Warga Ciamis terutama pelaku UMKM diimbau miliki NIB. Rudi pun berharap pelaku UMKM di Ciamis sadar dalam memenuhi legalitas usahanya dan pentingnya membuat NIB.

“DPMPTSP Ciamis sudah melakukan berbagai langkah, kami pun sudah melakukan sosialisasi. Kami berharap warga Ciamis paham dan sadar akan pentingnya NIB sebagai bagian dari legalitas usaha,” pungkasnya. (GaluhID)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Mengintip Keindahan Jalur Gentong Tasikmalaya Saat Mudik Lebaran

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Mengintip keindahan Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sering pemudik lintasi saat mudik. Meski rawan...

Artikel Terkait