Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Upaya Minimalisir Covid-19, ASN yang Bekerja di Rumah Tetap Mendapatkan Tunjangan

Berita Nasional, galuh.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di rumah atau tempat tinggalnya. Hal tersebut dalam upaya minimalisir Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah, tetap diberikan tunjangan kinerja oleh pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo pada konferensi pers di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Di konferensi pers tersebut, Kementerian PANRB secara resmi mengumumkan kebijakan nasional terkait penyesuaian sistem kerja ASN selama mewabahnya kasus Covid-19.

Kebijakan dilakukan menyusul pengumuman pemerintah mengenai peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dan penetapan Covid-19 sebagai pandemi global.

Kebijakan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB No.19 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN, dalam upaya mengurangi resiko Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB, ASN yang bekerja di rumah (Work from Home/WFH) dalam pelaksanaan kedinasannya, diharuskan berada di rumah masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak.

Keadaan mendesak dalam konteks ini, berkaitan dengan ketersediaan pangan, kesehatan diri dan keluarga, serta tugas pelaporan secara langsung kepada atasan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, ASN yang bekerja di rumah dapat mengikuti rapat atau pertemuan penting yang harus dihadiri, melalui sarana video conference.

Sesuai dengan kebijakan yang tertuang di dalam Surat Edaran Menteri PANRB, Pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah berlaku sampai dengan 31 Maret 2020.

Selain penyesuaian sistem kerja bagi ASN yang bekerja di rumah. Surat Edaran ini juga mengatur penyelenggaraan kegiatan dan perjalanan dinas, serta penerapan standar kesehatan bagi ASN.

Adapun tujuan dari Surat Edaran tersebut diantaranya, mencegah dan meminimalisasi penyebaran Covid-19. Khususnya di lingkungan instansi pemerintah, umumnya pada masyarakat luas.

Tujuan lainnya, memastikan pelaksanaan tugas masing-masing instansi pemerintah dan memastikan pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintah dapat tetap berjalan efektif.

Minimalisir Covid-19, ASN Untuk Sementara Meniadakan Apel

ASN juga diimbau untuk sementara waktu meniadakan upacara rutin atau kegiatan yang mengumpulkan banyak orang pada saat bersamaan.

Selanjutnya, ASN diimbau agar melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta melakukan prosedur kesehatan. Tentunya harus sesuai Protokol Kesehatan dari Pemerintah untuk Penanganan Covid-19.

Dengan demikian, diharapkan ASN tetap dapat melakukan pekerjaannya masing-masing tanpa terganggunya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Hal itu serta pada saat yang bersamaan dapat mengurangi terjadinya penyebaran virus corona di Indonesia. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.