Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Warga Ciamis Positif Corona Bertambah, Jumlahnya Jadi 6 Orang

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Data Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 menunjukan adanya penambahan kasus positif Covid-19 di kabupaten Ciamis. Satu lagi orang teridentifikasi positif Corona bertambah.

Kasus baru positif Corona bertambah yang ditemukan di Ciamis ini merupakan Imported Case atau pasien confirm positif dari luar daerah.

Kasus Imported Case ini tepatnya berasal dari klaster Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) di Sukabumi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 300 orang siswa polisi Setukpa di Sukabumi terindikasi positif Covid-19 lewat hasil rapid diagnostik test (RDT).

Kluster Stukpa Sukabumi

Dari 300 siswa Setukpa yang teridentifikasi positif Corona dari hasil RDT tersebut, salah satunya merupakan warga Ciamis.

Siswa Setukpa warga Ciamis ini dinyatakan positif terjangkit Corona. Begitu pun dari hasil test PCR-nya yang juga menunjukan positif Covid-19.

Pasien pun sempat dirawat di rumah sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung hingga dinyatakan sembuh. Dua kali test PCR-nya menunjukan hasil negatif Covid-19.

“Per hari ini pasien sudah dalam keadaan sembuh. Ada lampiran copy PCR negatif dua kali berturut-turut dari pasien,” kata jubir PIK Covid-19 Ciamis, Bayu Yudiawan, dalam rilisnya, Jumat (15/5/2020).

Bayu menerangkan, pasien confirm positif baru ini sebenarnya tidak pernah berada di Ciamis. Karena pasien tengah menjalani pendidikan Setukpa di Sukabumi.

Kendati demikian, pasien tersebut tetap masuk di data PIK Covid-19 Ciamis karena identitas diri atau KTP pasien tercatat warga Ciamis.

“Tercatat KTP di Ciamis. Tapi tetap dinaikan di sistem Database di Ciamis agar sinkron dengan Pikobar dan PIK pusat,” jelas Bayu.

Sementara itu, satu orang pasien di Ciamis yang sebelumnya telah dinyatakan sembuh, kini statusnya kembali menjadi positif Covid-19.

Pasien tersebut kembali dinyatakan terjangkit virus Corona saat dilakukan tes kontrol PCR atau swab test.

Sebelumnya, pasien ini dinyatakan sembuh setelah dua kali menjalani test PCR yang menunjukan hasil negatif Covid-19.

Bayu berkata, ada dua kemungkinan pasien tersebut kembali terjangkit virus Corona.

Pertama, karena adanya reinfeksi atau terinfeksi kembali. Kedua, pasien tersebut sudah sembuh, namun dari pemeriksaan PCR, masih ada pendeteksian fragmen-fragmen Covid-19.

Sehingga, imbuh Bayu, adanya pendeteksian fragmen-fragmen Covid-19 tersebut dideteksi positif oleh PCR. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...

Gerakan Tanam Padi Organik, Bupati Ciamis: Manfaatkan SDA dengan Baik

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Gerakan Tanam Padi Organik poktan (Kelompok Tani) Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan...

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga iPhone 12 Mini, Sesuai Dengan Spek yang Ditawarkan

Harga iPhone 12 mini jadi yang paling murah daripada seri lain dari iPhone 12. Apple mengklaim, iPhone 12 Mini merupakan ponsel 5G...

Cetak Rekor Menang Beruntun, AS Roma Beneran Jago di Liga Eropa?

AS Roma berhasil mengamankan satu tempat di babak 32 besar Europa League pada musim 2020/2021 ini. Hal ini mereka...

Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020, Noah Sabet 3 Penghargaan

Daftar lengkap pemenang AMI Awards 2020 telah penyelenggara umumkan. Banyak penyanyi dan musisi terbaik negeri ini yang kembali mendapatkan pengahargaan.

BTS Dapat Nominasi Grammy Awards 2021, Jungkook Dkk : ARMY Membuat Keajaiban

BTS dapat nominasi Grammy Awards 2021. Ini adalah kali pertama grup KPOP mampu menembus nominasi Best Performance. Grammy Awards...

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...