Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Wow, Kabupaten Ciamis Dapat DAK Terbesar se-Indonesia

Ciamis, galuh.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Bidang Pendidikan Dasar (SD) mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK ) terbesar se-Indonesia. DAK untuk pembanguan fisik pada tahun 2019 tersebut mencapai Rp. 92,3 Miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H. Wawan S. Arifien membenarkan hal tersebut. Menurutnya DAK harus digunakan sesuai dengan juknis yang sudah ditentukan.

“DAK ini yang terbesar se-Indonesia, dan saya menegaskan kepada para kepala sekolah untuk menggunakan bantuan ini dengan baik, amanah dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Wawan saat membuka Bintek bagi para penerima DAK, di Islamic Center, Rabu (26/3/2019).

H. Wawan juga berpesan kepada guru yang diberi tugas tambahan mengelola bantuan ini, agar tidak terlena sehingga melalaikan tugas utamanya sebagai pengajar.

“Tugas utama guru itu mengajar, jangan sampai gara-gara mengurus bantuan ini jadi lupa tugas utamanya,” tegasnya.

Sementara Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H. Jajang mengatakan Dana Alokasi Khusus tahun 2019 ini akan digunakan untuk rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan sedang atau berat beserta perabotnya sebanyak 906 ruang, rehabilitasi ruang perpustakaan tingkat kerusakan sedang atau berat beserta perabotnya sebanyak 3 ruang, rehabilitasi ruang guru dengan kerusakan sedang atau berat sebanyak 37 ruang dan rehabilitasi toilet siswa dengan kerusakan sedang atau berat beserta sanitasinya sebanyak 590 ruang.

“Sedangkan untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) ada 72 ruang, pembangunan ruang pusat sumber pendidikan inklusif sebanyak 1 ruang dan pembangunan toilet beserta sanitasinya sebanyak 6 ruang,” jelasnya.

Sementara jumlah SD penerima bantuan fisik dari DAK, kata Jajang ada sebanyak 432 sekolah.

“Kami berharap kepada sekolah penerima bantuan ini agar bisa melaksanakan pembangunan sesui aturan dan menyerahkan laporan pelaksanaannya tepat waktu,” pungkasnya. (galuh.id/Yuliana)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.