Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Yamaha Vino atau Honda Vino Bikin Bingung, Ini Penjelasannya!

Yamaha Vino atau Honda Vino, kok malah bikin bingung sih? Skuter matik yang nampak cantik ini sebenarnya pabrikan Yamaha atau Honda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Faktanya Honda dan Yamaha merupakan pabrikan motor yang memiliki persaingan paling ketat dalam produksi skuter matic daripada pabrikan lainnya.

Nah, Yamaha Vino ini lahir dari kerjasama antara Honda dan Yamaha. Motor ini pun kabarnya sudah rilis, bahkan sudah terjual bebas.

Baca Juga: Honda CB350 RS Resmi Meluncur, Harganya 37 Jutaan!

Adapun pabrik yang meluncurkan produk skuter matic ini justru adalah Yamaha dengan pemberian nama Yamaha Vino. Meski keseluruhan logo yang terlihat merupakan logo Yamaha, tapi perihal dapur pacu skuter matik ini mendapat dukungan dari Honda.

Sebenarnya seperti apa sih motor hasil kolaborasi kedua pabrik terkenal ini? Yuk simak penjelasan lebih lengkap dalam artikel ini hingga tuntas supaya tidak lagi bingung.

Spek Yamaha Vino atau Honda Vino

Desain

Sekilas, tampilan Yamaha Vino ini mirip dengan tampilan Yamaha Fino yang sebelumnya sudah beredar di Indonesia.

Desain secara keseluruhan dari skuter matik ini tampak membulat pada setiap detailnya, seperti pada lampu depan, headlamp, cover dan juga bodi.

Kemiripan Yamaha Vino dengan produk Yamaha yang pernah ada sebelumnya yaitu Yamaha Classico terletak pada sepasang lampu sein berbentuk bulat yang tersusun di bagian bawah tameng depan.

Baca Juga: Motor KTM 1290 Super Duke RR, Intip Bocoran Spesifikasinya

Stoplamp pada bagian belakang skuter matic ini pun begitu menonjol dengan desainnya yang agak besar dan berbentuk lebih mengotak. Adapun lampu sein belakang, memiliki desain serupa dengan lampu sein depan.

Bobot skuter matic ini pun terbilang sangatlah ringan yaitu hany 81 kg saja. Bobot ini tentu saja sangat cocok bagi tubuh masyarakat Jepang.

Beralih pada bagian atas, mulai dari setang yang berwarna krom yang menonjolkan kesan cantik. Panel instrumen atau speedometer yang memuat informasi kendaraan merupakan perpaduan antara konsep digital dan analog.

Pada bagian kaki- kaki motor, Yamaha Vino ini menggunakan pelek dan ban dengan ukuran ring 10 inch.

Mesin dan Performa

Kapasitas mesin yang terpasang pada Yamaha Vino pun sekilas tak ada yang istimewa yaitu hanya 50 cc saja, namun demikian ada hal mengejutkan di baliknya.

Cetusan untuk memproduksi skuter matic dengan kapasitas mesin 50 cc pun telah diumumkan oleh Yamaha dan Honda dalam kerjasamanya di penghujung tahun 2016 yang bertujuan untuk memangkas biaya produksi.

Ya, karena produk ini merupakan kolaborasi antara Yamaha dan Honda maka tak heran jika mesin yang digunakan oleh skuter matic ini merupakan mesin milik Honda.

Mesin tersebut sudah lengkap dengan teknologi eSP atau Enhanced Smart Power. Selain menggunakan mesin Honda, ternyata teknologi Honda lainnya yang disematkan dalam otor ini yaitu Idling Stop Engine.

Spesifikasi lengkap dari mesin skuter matic Yamaha Vino ini merupakan mesin Honda dengan silinder tunggal berkapasitas 50 cc eSP, berpendingin air. Dari mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 3,3 hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 4,1 mm pada 6.000 rpm.

Meski demikian, soal kapasitas tangki bahan bakar Yamaha Vino ini terbilang cukup besar di kelasnya yaitu mencapai 4,5 liter.

Fitur

Tampak pada bagian dek tengah motor Yamaha Vino, tersisip slot USB charger yang bertegangan 12 Volt dan Arus 1 Ampere.

Meski memiliki bodi mungil dan bobot ringan, menariknya bagai motor ini memiliki ukuran yang cukup luas yaitu berkapasitas 20 Liter.

Harga

Skuter matik ini dipasarkan dengan beberapa variasi warna, di antaranya yaitu red, black, beige, brown, blue dan light blue. Adapun harga jual motor ini senilai 203.500 yen. Jika dalam nominal rupiah, maka harga tersebut berkisar di angka 27 jutaan.

Wih harganya cukup fantastis untuk ukuran skuter matik, tapi mengingat sejarah baru kerjasama Yamaha dan Honda dalam produksi motor Vino ini, maka skuter matik ini layak untuk Anda beli. Mungkin sebagai koleksi? (GaluhID/Dianti Rahayu)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya